Jangkau Tempat Terpencil, Saraswati: Bersepeda Aktivitas Sehat Dan Membumi

Olahraga  RABU, 30 SEPTEMBER 2020 , 13:55:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Jangkau Tempat Terpencil, Saraswati: Bersepeda Aktivitas Sehat Dan Membumi

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo berfoto dengan musisi Anto Hoed dan Melly Goeslaw/Repro

RMOLBANTEN Bersepeda secara rutin sangat  bermanfaat buat kekuatan daya tubuh kita. Selain bisa melihat pemandangan indah, limpahan sinar matahari pagi saat bersepeda mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Demikian disampaikan Calon Wakil Walikota Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam catatan ringannya di laman fanpage Fecebook miliknya, Rabu (30/9).

"Saya senang sekali berolahraga. Akhir-akhir ini saya sedang mencoba untuk bersepeda secara rutin. Ternyata aktivitas ini luar biasa menyenangkan," katanya.

"Saya berbarengan dengan musisi Anto Hoed dan Melly Goeslaw serta beberapa rekan lain, kami bersepeda berkeliling daerah Bintaro dan Alam Sutra, Tangerang Selatan," sambung Saraswati biasa ia dipanggil.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan, ada banyak penelitian yang mengatakan cadangan vitamin D dalam tubuh bila teraktifkan sinar matahari yang tepat akan menjelmakan daya tahan tubuh menjadi sangat kuat.

"Ini tentunya, sebuah tindakan yang sangat tepat untuk dilakukan secara rutin di masa pelik pandemi seperti sekarang, bukan?," ujar Saraswati.

Kata Saraswati, bersepeda itu aktivitas menyehatkan yang relatif terjangkau. Sepeda bisa dibeli dengan harga murah, baru ataupun bekas pakai, di mana saja. Tentu ada sepeda dengan harga yang mahal, tapi untuk apa?

"Kalau keperluan kita hanya untuk berolahraga ringan. Banyak sekali sepeda murah dengan kualitas baik sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa, buatan lokal pun kualitasnya kini terpujikan," ujar Saraswati.

Aktivitas Membumi

Sebagai calon Wakil Walikota Tangsel, kata Saraswati, bersepeda juga memberikan manfaat lain bagi saya. Menjangkau daerah terpencil dalam cakupan yang cukup luas.

Beberapa daerah kata Saraswati, yang tidak terjangkau dengan mobil, atau bila coba ditelusuri dengan berjalan kaki membutuhkan waktu lama serta jarak jauh yang bisa melelahkan. Dengan bersepeda masalah ini teratasi.

"Sebuah tindakan yang membumi bukan?" terangnya lagi.

Saraswati mengaku bisa masuk ke dalam perkampungan, jalanan sempit, berbatu, hingga becek. Dirinya bisa melihat sendiri apa yang terjadi, apa yang dibutuhkan. Kadang bahkan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Kadang berbincang, sedikit mewawancarai, untuk mencari tahu langsung kendala apa yang mereka hadapi, solusi apa yang mereka cari.

"Itu sangat bermanfaat bagi apa yang akan saya lakukan ke depan, bila saya terpilih," ujar Saraswati.

Di tengah atau di akhir bersepeda, kata Saraswati, biasa beristirahat di aneka tempat wisata kuliner. Bisa yang bernuansa sangat merakyat, seperti warung sederhana, atau café yang sedang populer menjadi tempat tongkrongan komunitas bersepeda.

"Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Aktivitas ini amat membantu kelangsungan roda ekonomi terutama bagi usaha wisata kuliner setempat," demikian Saraswati Djojohadikusumo. [ars]



Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds