HUT TNI KE-75

Jokowi: TNI Penjaga Utama Kedaulatan Negara, Sejak Perjuangan Kemerdekaan Hingga Kini

Politik  SENIN, 05 OKTOBER 2020 , 12:07:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Jokowi: TNI Penjaga Utama Kedaulatan Negara, Sejak Perjuangan Kemerdekaan Hingga Kini

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di acara HUT TNI KE-75/Repro

RMOLBANTEN Pemerintah menggelar peringatan hari ulang tahun yang ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin pagi (5/10).

Presiden RI Joko Widodo dalam acara itu menegaskan peran penting TNI sejak era kemerdekaan hingga saat ini.

"Perjuangan TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ujar Jokowi dalam sambutannya.

"Serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman keutuhan bagsa dan negara," sambungnya.

Menurut Jokowi, implementasi dari peran TNI bisa dilihat dari sejarah panjang kontribusi TNI, yang bukan hanya melalui Operasi Militer atau Perang (OMP), tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana termasuk menghadapi Pandemi Covid-19 sekarang ini," ungkapnya.

Kepala Negara menilai perayaan Ulang Tahun TNI sekarang ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di mana pun berada. Tetapi juga oleh segenap rakyat indonesia.

"Atas nama rakyat Indonesia saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI, kepada para prajurit yang sedang bertugas di manapun juga kepada purnawirawan yang telah membangun institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan nagara dalam dunia yang selalu berubah," demikian Joko Widodo.

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Presiden Maruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kantor Kepresidenan Moeldoko, serta Kepala Staf di tiga Matra TNI. [dzk]

Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds