Isu SARA Lurah Saidun Di Pilkada Tangsel, Komisi I DPRD Akan Surati Airin

Parlemen  JUM'AT, 09 OKTOBER 2020 , 14:54:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Isu SARA Lurah Saidun Di Pilkada Tangsel, Komisi I DPRD Akan Surati Airin

Drajat Sumarsono/LAN

RMOLBANTEN. Anggota Komisi I DPRD Tangsel, telah mendengar pengakuan dari Lurah Benda Baru, Saidun terkait ujaran kebencian melalui isu Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) melalui rapat dengar pendapat yang berlangsung di Ruang Aspirasi DPRD Tangsel, Kamis (8/10).

Dari pengakuan Lurah Saidun, dapat disimpulkan jika ia mengakui sepenuhnya jika itu merupakan ulahnya.

Untuk itu, Komisi I akan segera melayangkan surat rekomendasi kepada Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany terkait sanksi bagi Lurah Saidun.

"Rekomendasi komisi ada dua yaitu pertama pemecatan karena telah menimbulkan kebencian yang seharusnya lurah menjaga kondusifitas. Kedua yaitu me-nonjobkan lurah dari tugas kesehariannya," terang pimpinan rapat dengar pendapat Komisi I, Drajat Sumarsono di Gedung DPRD Tangsel.

Lanjut Drajat bahwa masyarakat juga sudah melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian khususnya Polres Tangsel dan pihak DPRD juga akan memanggil untuk rapat dengar pendapat dengan Kapolres Tangsel.

Drajat juga berharap, jika hal ini jangan sampai terulang kembali oleh pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangsel.

"Mudah-mudahan kasus ini tak terulang kedepan dan sebagai pembelajaran kepada seluruh pejabat dan ASN dalam konstestasi pilkada bisa bersikap netral. Lalu ini akan menjadi pelajaran berharga dan momentum baik di Kota Tangsel sehingga ASN lain tidak ikut serta," ungkapnya.

Airin sebagai pimpinan di Pemkot Tangsel, harus berani memberikan sanksi tegas agar tidak ada kecurigaan dari masyarakat, bahwa Pemkot Tangsel melindungi Lurah Saidun.

"Kalau tidak ditindak tegas maka akan ada persepsi bahwa lurah ini dilindungi oleh kepentingan lain," tegas Drajat. [ars]


Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds