Boikot Pemberitaan Polda, Wartawan Gorontalo: Ada Rilis Kami Diundang, Ada Demo Kami Ditendang

Nusantara  KAMIS, 15 OKTOBER 2020 , 17:02:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Boikot Pemberitaan Polda, Wartawan Gorontalo: Ada Rilis Kami Diundang, Ada Demo Kami Ditendang

Aksi demo wartawan Gorontalo/Ist

RMOLBANTEN. Wartawan se-Provinsi Gorontalo tidak akan lagi memberitakan kegiatan Polda Gorontalo. Aksi boikot tersebut imbas kekecewaan pewarta setempat karena Kapolda Gorontalo, Irjen Akhmad Wiyagus menolak audiensi dalam aksi damai di depan Mapolda Gorontalo, Kamis (15/10).

"Mulai hari ini, kami (wartawan) akan memboikot pemberitaan dari Polda Gorontalo. Karena Kapolda dan Wakapolda enggan menemui kita kawan-kawan," ungkap Koordintor Lapangan, Helmi Rasid dengan suara lantangnya.

Aksi damai wartawan se-Gorontalo merupakan bentuk protes terhadap Polda Gorontalo. Ihwal dugaan intimidasi dan pembungkaman jurnalis saat liputan demo penolakan UU Cipta Kerja di Gorontalo beberapa waktu lalu.

Dalam aksi damai tersebut, seluruh wartawan meletakkan simbolis kartu pers mereka di depan pintu gerbang Mapolda Gorontalo. Beberapa rekan media juga menaburkan bunga di antara kartu pers tersebut. Salah satu pesan tertulis di kertas saat aksi, berbunyi, "Ada rilis kami diundang, ada demo kami ditendang!"

"Taburan bunga ini sebagai bentuk bahwa kebebasan pers kami telah mati," ungkap Helmi.

Massa aksi juga menyuarakan tentang kekecewaan terhadap salah satu petinggi Polda yang selalu menggeluarkan pernyataan hoaks terkait pemberitaan wartawan Gorontalo.

"Kami telepon tidak diangkat, di WA hanya di-read. Setelah berita naik dibilang hoaks. Ada apa ini" tegas peserta demo lainnya, Yudistira.

Sebagai bentuk kekecawaan itu, massa aksi dari wartawan se Gorontalo itu meminta kepada Kapolda Gorontalo untuk mengganti Kabid Humas Polda Gorontalo. Boikot pemberitaan terhadap Polda Gorontalo itu akan dilakukan hingga Kapolda Gorontalo mengganti Kabid humas. [tsr]



Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds