45 Hari Razia Prokes Covid-19, Satpol PP Kota Serang Catat 2.200 Pelanggar

Daerah  JUM'AT, 16 OKTOBER 2020 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

45 Hari Razia Prokes Covid-19, Satpol PP Kota Serang Catat 2.200 Pelanggar

Pelanggar prokes covid-19 di Kota Serang/RAG

RMOLBANTEN. Selama 45 hari melaksanakan razia Protokol Kesehatan (Prokes) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang mencatat ada sekitar 2.200 orang melanggar Prokes khususnya tidak menggunakan masker.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Serang Kusna Ramdani menuturkan razia Prokes ini gencar dilakukan dalam rangka menekan penularan Covid-19 dan dilakukan di titik-titik keramaian Kota Serang.

"Kita lakukan di titik-titik keramaian seperti, Pasar Induk Rau, Pasar Lama, Terminal Kepandean, Taman Sari dan sejumlah titik keramaian lainnnya di Kota Serang," katanya saat dikonfirmasi lewat telepon seluler, Jumat (16/10).

Menurutnya, selama pelaksanaan razia prokes ini sudah efektif guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat protokol kesehatan terutama penggunaan masker.

"Kita liat masyarakat sudah patuh, biasanya awal-awal razia bisa capai  80 sampai 100 orang, tapi sekarang paling 30 orang. Alhamdulilah mereka sudah mulai ikut anjuran," ujarnya.

Dikatakan Kasatpol PP, dalam pelaksanaan razia Prokes, pihaknya lebih mengedepankan edukasi dan melakukan pelaksanaan sanksi sosial ketimbang melakukan denda pada masyarakat.

"Saksi denda belum, karena kondisi masyarakat kan dimaklumi ekonominya lagi pailit, kasian mereka, yang penting mereka disiplin gitu aja," ujarnya.  

Alasan lainnya dikatakan Kasat, banyak yang terkena razia ini masyarakat menengah ke bawah seperti tukang cilok, tukang gorengan, asongan.

"Kalau yang dapet (razia) PNS saya pasti denda langsung, karena pak walikota (Syafrudin) bilangnya ASN mah denda aja, kalau masyarakat kasian, udah mah usaha paceklik gini masa kita denda," ujarnya.

Dirinya juga tetap memghimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar untuk tetap menggunakan protokol kesehatan terutama memakai masker dan cuci tangan serta jaga jarak. [ars]



Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds