Bupati Tangerang: Delapan Buruh Demonstran Tolak UU Ciptaker Positif Covid-19

Kabupaten Tangerang  SELASA, 20 OKTOBER 2020 , 23:38:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Bupati Tangerang: Delapan Buruh Demonstran Tolak UU Ciptaker Positif Covid-19

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar/Net

RMOLBANTEN Ada delapan (8) orang buruh yang ikut aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja (Ciptaker) pada 8 Oktober 2020 lalu, terkonfirmasi positif Covid-19. Delapan orang buruh itu berasal dari dua pabrik di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Hal itu disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menjadi narasumber dalam acara webinar series Partai Golkar bertajuk "Perjalanan Penanganan Covid-19" Selasa (20/10).

"Buruh yang mengikuti demonstarsi tanggal 6,7,8 (Oktober) ditemukan 8 orang positif. 8 orang tersebut berpotensi menularkan kepada rekan-rekannya yang lain yang ikut demo," terabg Zaki.

Pemkab Tangerang, kata Zaki, hingga saat ini masih melakukan rapid dan tracing terhadap klaster demonstrasi kemarin.

"Nah, ini yang sedang kami lakukan rapid dan tracing terhadap 8 orang tersebut kemana saja mereka pada tanggal 6,7,8 tersebut dan kemudian juga keluarga-keluarga mereka," kata Ahmad Zaki.

Alasan pihaknya mengklaim bahwa delapan orang buruh positif Covid-19 dari klaster demonstrasi tolak UU Ciptaker karena delapan orang buruh tersebut kemungkinan sudah masuk OTG (Orang Tanpa Gejala) Covid-19 dan mengikuti demonstrasi.

"Nah ini tadi kalau ada pertanyaan, kok bisa tahu? ternyata memang kemungkinan ada yang sudah OTG ataupun positif yang tidak diketahui tapi ikut demo. Nah ini yang menjadi tingkat kerawanan yang sangat tinggi," tuturnya.

"Ini baru dua pabrik. Dan ada beberapa pabrik lain yang melakukan swab test, artinya baru keluar 1-2 hari. Kemungkinan akan ada penambahan (kasus) lagi gitu," ujar Zaki.

Selain Zaki, narasumber lain dalam webinar series tersebut yakni Satgas Penanganan Covid-19 Letjend Doni Monardo, Bupati Uwu Utara Indah Putri Indriani, Bupati Timor Tengah Selatan Egusem Piether dan DPD Golkar se-Indonesia. [ars]



Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds