Wapres Berharap RS Mata Achmad Mawardi Jadi Rujukan Pelayanan Mata Terbaik Di Banten

Kesehatan  KAMIS, 22 OKTOBER 2020 , 09:35:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Wapres Berharap RS Mata Achmad Mawardi Jadi Rujukan Pelayanan Mata Terbaik Di Banten

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin saat melauching fasilitas retina dan glaukoma RS Mata Achmad Wardi/Repro

RMOLBANTEN. Kebutaan di Indonesia mencapai 1,5 persen atau sekitar 3 juta orang. Kebutaan di Indonesia sering terjadi akibat katarak dan glaukoma. Baca: Berbasis Wakaf, Rumah Sakit Mata Achmad Wardi Segera Beroperasi

Berdirinya Rumah Sakit Mata Achmad Wardi yang telah dilengkapi dengan fasilitas retina dan glaukoma center menjadi harapan masyarakat Banten, khususnya serang, dan sekitarnya dapat memperoleh pelayanan mata dengan baik.

Demikian disampaikan Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin secara virtual dalam grand launching retina dan glaukoma center RS Mata Achmad Wardi, Rabu (21/10).

"Pembangunan rumah sakit ini dibangun dengan menggunakan dana wakaf, dan ini membuktikan bahwa dana wakaf sangat bermanfaat bagi masyarakat,” terang Wapres.

Selain Wapres KH Maruf Amin, kegiatan peresmian dengan tema ‘The Big Wave of Waqf-Based Eye Hospital’ itu juga dihadiri Walikota Serang Syafrudin, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Mohammad Nuh, Menteri Kesehatan tahun 2014-2019 Nila Moeloek dan Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), Mohammad Nuh dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur karena telah mempertautkan hatinya dan hati banyak orang dengan perwakafan.

"Tidak semua orang hatinya dipertautkan dengan perwakafan. Karenanya saya sangat bersyukur. Wakaf ini bukan sekadar untuk sekarang, bukan sekadar untuk nanti tapi untuk sekarang dan nanti,” katanya.

Nuh menuturkan, melalui perwakafan dapat melindungi bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat.

"Sudah saatnya kita bertransformasi dari saya menjadi kami dan kami menjadi kita. Mari kita bersama-sama berwakaf karena wakaf memungkinkan yang tidak mungkin menjadi mungkin,” sambungnya.

Pria kelahiran 17 Juni 1959 itu juga mengucapkan terima kasih atas kebersamaan semua pihak dalam berwakaf membangun dan mengembangkan RS Mata Achmad Wardi.

"Terima kasih dan mohon agar kebersamaan ini terus dibangun. Mudah-mudahan yang kita lakukan menjadi amal jariyah,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Serang, Syafrudin mengatakan atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Rumah Sakit Mata Achmad Wardi di Kota Serang.

"Nampaknya ini satu-satunya rumah sakit mata di Provinsi Banten. Saya melihat perkembangan rumah sakit mata ini luar biasa. Rumah Sakit Mata Achmad Wardi ini jadi solusi untuk masyarakat Kota Serang,” ucapnya.

Syafrudin menyambut baik kehadiran rumah sakit mata ini karena bukan hanya bermanfaat untuk warga Kota Serang, tapi warga dari daerah lainnya.

Terlebih, Rumah Sakit Mata Achmad Wardi dinilai berbeda dengan rumah sakit lain karena bisa membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Mudah-mudahan rumah sakit ini lebih maju dan lebih bermanfaat untuk masyarakat kota serang khususnya dan banten pada umumnya,” tandasnya.

Sebagai informasi, fasilitas Retina dan Glaukoma Center Rumah Sakit Mata Achmad Wardi diperoleh melalui pendanaan Cash Waqf Linked Sukuk serta pembiayaan dari BNI Syariah.

Rumah Sakit Mata Achmad Wardi yang telah dilengkapi dengan fasilitas Retina dan Glaukoma Center berlokasi di Jalan Raya Taktakan KM. 1, Kel Lontar Baru, Kota Serang, Banten.

Sebelum dilengkapinya fasilitas seperti sekarang RS yang dikelola Badan Wakaf Indonesia (BWI) Serang, ini telah membuka layanan pusat retina (retina center).

"Layanan kami sudah bisa melakukan sub-spesialis, terutama untuk retina dan glokum. Dengan peralatan yang didatangkan hasil dari Program Badan Wakaf Indonesia dengan Bank Indonesia (BI),” terang Direktur RS Mata Achmad Wardi dr Badrus Sholeh.
​​​​​​
Yang menarik RS ini juga melayani pasien pengguna BPJS kesehatan serta masyarakat kurang mampu yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.

"Jadi masyarakat yang tidak punya BPJS, khusus untuk pelayanan mata mereka akan didatangi petugas dari Dhompet Dhuafa secara gratis,” terangnya.

RS Mata Achmad Wardi juga sudah bekerja sama juga dengan mitra pembayaran, seperti asuransi Admedika, OWLEXA dan BPJS Kesehatan. Ada juga program dari LKC Dompet Dhuafa yang khusus melayani masyarakat yang tidak memiliki BPJS Kesehatan atau pun biaya untuk berobat. [ars]



Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds