Ironi Petugas Bandara Hanya Dilengkapi APD Sederhana Tanpa Wajib Swab Test

Keamanan  SENIN, 26 OKTOBER 2020 , 01:35:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Ironi Petugas Bandara Hanya Dilengkapi APD Sederhana Tanpa Wajib Swab Test

Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie/Net

RMOLBANTEN Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie menemukan fakta yang cukup mengejutkan terkait dengan jaminan keamanan petugas bandara di tengah pandemi Covid-19.

Alvin Lie mendapatkan pengakuan dari pekerja bandara yang sehari-hari harus berhadapan dengan ribuan penumpang namun tak disertai dengan jaminan bebas Covid-19.

"Mereka, petugas check-in, petugas boarding, aviation security (AvSec), customer service, petugas kebersihan selama ini hanya dilengkapi dengan APD sederhana, yaitu masker, sarung tangan dan sarana suci-hama tangan," kata Alvin Lie kepada redaksi Kantor Berita Politik RMOLID, Minggu (25/10).

"Ternyata mereka hingga saat ini belum dilindungi dengan wajib uji Covid-19 baik rapid test maupun usap/ PCR oleh instansi/ perusahaan. Ini sungguh mengejutkan," sambungnya.

Para petugas bandara, kata Alvin Lie memang ada yang melakukan uji Covid-19, namun hal itu dilakukan atas kesadaran para pekerja.

Biayanya pun ditanggung oleh para pekerja.

Hal ini pun menjadi ironi bagi Alvin Lie, yang mana ada kewajiban kepada awak pesawat dan pengguna jasa transportasi udara yang wajib menyertakan hasil uji Covid-19 saat akan terbang.

Selaku anggota Ombudsman RI, ia pun mengaku sudah menyampaikan saran kepada DirJen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan agar pekerja bandara yang sehari-hari menghadapi para penumpang harus dilindungi dengan uji Covid-19 bersifat wajib.

"Sedikitnya 1 kali setiap 14 hari, atas biaya instansi/ perusahaan. Hal ini demi meningkatkan efektifitas pencegahan penularan Covid-19," jelas Alvin yang juga concern terhadap dunia penerbangan ini.

Temuan di lapangan tersebut, Alvin Lien pun meragukan efektivitas pencegahan penyebaran Covid-19 yang selama ini digaungkan di dunia penerbangan.

"Sejauh mana efektivitas pengawasan kesehatan pekerja bandara kita? Seberapa sering mereka jalani uji Covid-19? Saya juga sangat ragukan pekerja di gerai dan kafe bandara dilindungi dengan uji Covid-19," demikian Alvin Lie. [dzk]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds