PILKADA SERANG 2020

Kejar Partisipasi Pemilih 80 Persen, KPU Kabupaten Serang Gandeng Seluruh Stakeholder

Politik  KAMIS, 29 OKTOBER 2020 , 21:38:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Kejar Partisipasi Pemilih 80 Persen, KPU Kabupaten Serang Gandeng Seluruh Stakeholder

Sosialisasi KPU Kabupaten Serang/RAG

RMOLBANTEN. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Serang yang akan dihelat pada 9 Desember 2020 mencapai 80 persen.

Guna mencapai target itu, KPU berinisiatif menggandeng seluruh stakeholder baik organisasi masyarakat (ormas), organisasi kepemudaan (OKP) atau mahasiswa, LSM dan media.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya disela Rapat Koordinasi persiapan kegiatan sosialisasi yang bekerjasama dengan ormas, OKP, LSM, media pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang di Aula KPU Jalan Kitapa, Cilame, Kota Serang pada Kamis, (29/10).

"Kita undang 29 lembaga pada saat ini untuk sama-sama nanti turun dilapangan bagaimana menyosialisasikan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Serang. Tujuan kami adalah target 70 sampai 75 persen partisipasi pemilih, tapi Insya Allah 80 persen tercapai," ujarnya.

Dijelaskan Abidin, dengan mengundang 29 lembaga dalam rangka ingin mengajak ormas, OKP, media dan lainnya bahwa untuk peningkatan partisipasi masyarakat KPU ini sudah melakukan berbagai upaya-upaya sosialisasi dengan strategi berbagai macam.

"Dan hari ini kami mengajak teman-teman untuk membantu kami dalam hal bersosialisasi terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020," terangnya.

Dengan target partisipasi masyarakat bisa tercapai, Abidin memaklumi dan memahami sebagus apapun strategi KPU tanpa didukung stakeholder, masyarakat, media, OKP dan LSM, pasangan calon, partai politik dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Untuk itu kita rangkul semua. kita ajak untuk melakukan sosialisasi di lapangan nanti," katanya.

Lebih jauh Abidin menjelaskan, dengan mengundang semua elemen masyarakat pihaknya pun mempunyai target bagi lembaga yang di undang baik kormas, OKP, dan LSM paling dalam sebuah forum para pimpinannya bisa menjadi virus kepada anggotanya untuk bersama-sama bergerak dalam menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Serang.

"Nantinya mereka bergerak, bergerilya menyampaikan tapahan dan pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan dihelat pada 9 Desember 2020. Kita harapkan pertemuan yang kedua ini mudah-mudahan upaya hasil yang maksimal," ungkapnya.

Disisi lain, tambah Abidin, sosialisasi yang konsen pada masyarakat kalangan disabilitas pun dioptimalkan.

"Kita juga mengundang Koredo salah OKP yang konsen pada disabilitas, nanti mereka yang melakukan pembinaan atau sosialisasi kepada orang disabilitas," tutur Abidin.

Diketahui pada Pilkada Kabupaten Serang di ikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 1 Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan nomor urut dua, Nasrul Ulum-Eki Baehaki. Kedua paslon tersebut di usung masing-masing partai politik.

Sementara KPU Kabupaten Serang sudah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.132.717 jiwa. Rinciannya, sebanyak 573.728 pemilih laki-laki dan sebanyak 558.989 pemilih perempuan. [ars]



Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds