Erdogan Dan Yunani Saling Rangkul Pasca Gempa Hebat Di Turki

Internasional  SABTU, 31 OKTOBER 2020 , 08:37:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Erdogan Dan Yunani  Saling Rangkul Pasca Gempa Hebat Di Turki

Gempa Turki/Net

RMOLBANTEN Gempa berkekuatan 7,0 melanda pantai barat Turki dan sebagian wilayah Yunani pada Jumat (30/10). Guncangannya begitu besar membuat bangunan runtuh dan memicu apa yang oleh pihak berwenang sebagai 'tsunami mini'.

Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) melaporkan bahwa korban gempa terus bertambah. Saat berita ini diturunkan, korban tewas mencapai 19 orang dan 700 lainnya luka-luka, berat dan ringan.

Gempa susulan terjadi berturut-turut. AFAD mencatat, puluhan gempa susulan itu 16 di antaranya berkekuatan lebih dari 4,0.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berterima kasih kepada Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis atas ucapan belasungkawa dan tawaran bantuannya.

Dia menulis di Twitter bahwa Turki juga siap membantu Yunani, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (31/10).

"Turki juga selalu siap membantu Yunani menyembuhkan luka-lukanya," kata Erdogan, seraya menambahkan: "Bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa-masa sulit yang lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup."

Yunani dan Turki telah bentrok dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan di Mediterania timur. Kedua negara saling mengklaim dan melemparkan tuduhan.

Pasca guncangan hebat yang melanda dua negara, yang terjadi pada Jumat sore, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menghubungi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk menyampaikan belasungkawa.

"Saya baru saja menelepon Presiden [Erdogan] untuk menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa secara tragis dari gempa bumi yang melanda kedua negara kami," tulis Mitsotakis di akun Twitternya.

"Apa pun perbedaan kami, inilah saat-saat ketika orang-orang kami perlu berdiri bersama,"  terangnya. [dzk]



Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds