Masa Pandemi, Pekerja Seni Sayangkan Kecepatan Internet Menurun Dan Mahal

Seleb  SABTU, 07 NOVEMBER 2020 , 11:41:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Masa Pandemi, Pekerja Seni Sayangkan Kecepatan Internet Menurun Dan Mahal

Anang Hermansyah/Net

RMOLBANTEN. Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak delapan bulan silam, mayoritas aktivitas publik melalui layanan internet. Sayangnya, kecepatan internet di Indonesia menurun dan mahal.

Musikus dan pekerja kreatif Anang Hermansyah menyayangkan kinerja internet di Indonesia justru turun dan mahal di masa pandemi. Terutama jika disandingkan negara-negara di ASEAN.

"Merujuk data Indef, kecepatan internet di Indonesia justru menurun sekitar 4,4 persen dibandingkan negara lain di ASEAN selama masa pandemi ini. Hal tersebut saya rasakan juga saat berada di Bali," ujar Anang di Denpasar, Bali, Sabtu (7/11).

Musikus asal Jember ini berharap pemerintah agar dapat mengumpulkan para provider telekomunikasi untuk meningkatkan kecepatan internet dan menurunkan harganya. Terlebih, imbuh Anang, aktivitas masyarakat sejak pandemi banyak memanfaatkan fasilitas internet. "Kami berharap pemerintah dapat meminta provider telekomunikasi untuk meningkatkan kecepatan internet dan harganya diturunkan," tambah Anang.

Vocalis Grup Band Kidnap ini menyebutkan aktivitas pekerja seni dan musisi selama masa pandemi ini juga memanfaatkan fasilitas platform digital yang sepenuhnya menggunakan internet.

"Seniman dan musisi memanfaatkan layanan digital dalam berkarya di masa pandemi seperti Instagram dan YouTube. Maka dukungan pemerintah benar-benar diharapkan agar proses kreatif di masa pandemi ini tetap berjalan," sebut Anang.

Penasehat Federasi Serikat Musik Indonesia (FESMI) ini berharap di tengah kesimpangsiuran mengenai vaksin Covid-19 di Indonesia serta polemik mengenai UU No 11/2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah agar memerhatikan persoalan internet yang menjadi tumpuan banyak pihak di masa pandemi ini.

"Saya berharap pemerintah dapat memberi perhatian atas persoalan internet yang kecepatannya menurun dan harganya mahal bila dibanding negara-negara di ASEAN lainnya," tandas juri Indonesian Idol ini. [tsr]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds