Kepala Daerah Diingatkan KPK Tidak Selewengkan Bansos Untuk Pilkada

Politik  JUM'AT, 13 NOVEMBER 2020 , 01:41:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Kepala Daerah Diingatkan KPK Tidak Selewengkan Bansos Untuk Pilkada

Ilustrasi/Net

RMOLBANTEN Komisi Pemberantasn Korupsi mewanti-wanti sejumlah kepala daerah untuk tidak menggunakan dana bantuan sosial untuk kepentingan calon yang berkontestasi dalam Pilkada 2020.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango kepada wartawan, Kamis (12/11)

"Pada berbagai forum dan kesempatan, KPK terus mengingatkan para cakada, terlebih yang para petahana untuk tidak coba-coba memanfatkan program penyaluran bansos atau anggaran Covid dengan kepentingan pemenangan calon atau pun sanak kerabat dan konco-konco-nya (teman-temannya),” terang Nawawi Pomolango.

KPK kata Nawawi, terus memonitor penyaluran bansos dan akan menindak langsung bila terjadi penyimpangan bansos tersebut.

Sementara, Deputi Penindakan KPK, Karyoto juga meminta para aparat penegak hukum di daerah yang mengadakan pilkada serentak untuk terus memonitor dana-dana bansos ini.

Karyoto bahkan mengaku tengah mengusut suatu kasus yang berkaitan erat dengan bansos di salah satu daerah.

Namun karena masih dalam penyelidikan, pihaknya enggan membeberkannya secara rinci.

"Kami sangat mengharapakan aparat penegak hukum di daerah, baik pihak kejaksaan maupun kepolisian. Kepolisian itu kan ada Polda, ada juga Polres-polres yang saya rasa itu masih dalam jangkauan lah," imbuhnya.

Pengusutan laporan dugaan tindak pidana korupsi kepala daerah juga dipastikan tetap dilakukan meski sejumlah daerah sedang melaksanakan proses Pilkada.

Afirmasi ini disampaikan Ketua KPK, Firli Bahuri dalam pembekalan calon kepala daerah, pada Selasa kemarin (10/11).

"Hukum dan politik adalah dua rel yang berbeda. Politik pilkada sedang berlangsung, tapi bukan berarti proses penegakan hukum tak berjalan. Jangan anggap hukum berhenti di saat pilkada. Penegakan hukum tidak akan terganggu oleh pelaksanaan pilkada,” tegas Firli. [dzk]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds