Dubes Sukmo Harsono: Indonesia-Panama Siapkan Kerjasama Atasi Covid-19

Internasional  JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:54:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Dubes Sukmo Harsono: Indonesia-Panama Siapkan Kerjasama Atasi Covid-19

Sukmo Harsono/Ist

RMOLBANTEN. Duta Besar LBBP RI untuk Republik Panama, Sukmo Harsoono, menyerahkan copy Credential (salinan surat kepercayaan) kepada Wakil Menteri Luar Negeri  Panama, Federico Alfaro Boyd, di KBRI di Panama City, Kamis (19/11) pukul 12.00 waktu Panama.

Dengan demikian, menandakan dimulainya tugas sebagai Duta Besar secara Resmi di Panama. "Untuk acara berkaitan dengan Presiden Panama harus menyerahkan Credential resmi kepada Presiden Laurentino Cortizo Cohen," ujar Sukmo dalam keterangan persnya kepada wartawan, Jumat (20/11).

Pada kesempatan tersebut, Dubes Sukmo menyampaikan salam dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Ibu Menlu Retno Marsudi, dan rakyat Indonesia untuk Presiden Panama, Menlu Aljandro Ferrer, serta rakyat Panama.

"Indonesia sebagai negara Demokrasi terbesar ke-3 di dunia populasi sekira 270 juta, serta anggota G20 dan Regional Comprehensive economic Patnership, menganggap Panama adalah negara Penting dan sahabat yang baik di kawasana Amerika Tengah," kata Sukmo.

Selain itu, lanjut Sukmo, Indonesia dan Panama juga perlu terus meningkatkan hubungan kerjasama dalam bidang ekonomi, budaya, dan Internasional. Khususnya, hubungan diplomatik yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Indonesia siap bekerja sama dan tukar informasi dan cara-cara mengatasi Covid-19," tegas Waketum Partai Bulan Bintang itu.

Sementara itu, Wamenlu Panama menyampaikan sambutan diplomatisnya terkait Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan mitra penting. Mereka telah mempercayakan hubungan diplomatik kedua negara kepada Y.M Antonio Saturno sebagai Dubes Panama di Indonesia.

"Kami siap bekerjasama dalam hal penanganan covid-19 dan melanjutkan pembicaran akan beberapa hal kerjasama dengan membentuk Forum Konsultasi Bilateral RI-Panama," timpal Federico.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik 20 Dubes LBBP RI di Istana Negara, Jakarta, 14 September 2020. Termasuk Sukmo yang diamanatkan sebagai Dubes LBPP RI di Panama merangkap Republik Honduras, Republik Costa Rika, dan Republik Nikaragua.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI nomor 91/P tahun 2020 tanggal 11 September 2020 nomor 92/P, dan 93/P Tahun 2020 tanggal 14 September 2020. [tsr]

Komentar Pembaca
Diego Maradona 'Gol Tangan Tuhan
Sumbangan Transisi

Sumbangan Transisi

RABU, 25 NOVEMBER 2020

Besok, Joe Biden Siap Umumkan Jajaran Kabinetnya
<i>How Democracies Die</i>: Demokrasi Bisa Mati Di Tangan Pemimpin Terpilih
Cat Rambut

Cat Rambut

MINGGU, 22 NOVEMBER 2020

Dubes Panama Pastikan Dokumen Lengkap, 17 ABK WNI Pulang Kampung
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds