Dubes Panama Pastikan Dokumen Lengkap, 17 ABK WNI Pulang Kampung

Internasional  SABTU, 21 NOVEMBER 2020 , 10:20:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Dubes Panama Pastikan Dokumen Lengkap, 17 ABK WNI Pulang Kampung

Dubes Sukmo memeriksa dokumen ABK/Ist

RMOLBANTEN. Dokumen 17 anak buah kapal Warga Negara Indonesia (ABK WNI), dipastikan lengkap jelang kepulangan ke tanah air dari Bandara Tocumen, Panama. Para ABK WNI ini, berasal dari Kapal Nuevo Jasmaru (milik Spanyol), Kapal Mega 811, Kapal Chung Kuo 999, Chung Kuo 91 (milik Gilontas Taiwan).

"Saya sengaja langsung ke Bandara Tocumen didampingi Konselor Protkons dan Perlindungan WNI, Rheinhard Sinaga, untuk menemui 17 ABK. Memastikan semua dokumen lengkap, kondisi kesehatan baik, dan hak-hak mereka diterima sebelum pulang," kata Dubes LBBP RI untuk Panama, Sukmo Harsono dalam keterangan singkatnya kepada wartawan, Sabtu (21/11).

Menurut Sukmo, ada sedikit persoalan dari salah satu ABK saat mengurus dokumen. Namun hal tersebut sudah teratasi, berkat bantuan pihak konsuler KBRI di Panama.

"Salah satu ABK tidak membawa hasil rapid test Covid-19 dengan alasan tidak diberi oleh pihak perusahan. Namun, dengan koordinasi dan gerak cepat staf Konsuler, saudara Mini, dan Pak Rheinhard Sinaga dengan pihak perusahaan, maka dokumen hasil rapid test dapat dikirim kembali melalui WA," papar Waketum Partai Bulan Bintang tesebut.

Sukmo mengimbau para ABK agar mematuhi semua protokol kesehatan di Bandara. Selain itu, imbauan menjaga dokumen agar tetap aman. Serta meminta para ABK mematuhi Protokol Kesehatan terkait Covid-19 setibanya di Indonesia. Termasuk jika harus dikarantina.

Dubes Sukmo juga mewanti-wanti para ABK untuk tidak menggunakan kendaraan ilegal pulang ke kampung halaman. Guna menghindari hal-hal yang tidak perlu dan berbahaya. "Nanti setelah tiba di Indonesia, saya minta ABK WNI bisa berhemat dan tidak ikut ajakan-ajakan provokatif di media sosial yang bersifat melawan hukum," terang Sukmo.

Pihak KBRI juga memberikan logistik beruapa makan siang, masker, dan hand sanitizer untuk dibawa oleh ABK WNI dalam perjalanan. Semua biaya pemulangan atau repatriasi ABK Indonesia ini ditanggung oleh pihak perusahaan.

"KBRI senantiasa berkoordinasi intensif dengan pihak perusahaan dan pihak terkait lainnya di Panama untuk memastikan repatriasi berjalan lancar dan ABK WNI dapat bertemu kembali dengan keluarga di Indonesia dengan selamat dan sehat," demikian Sukmo. [tsr]

Komentar Pembaca
Diego Maradona 'Gol Tangan Tuhan
Sumbangan Transisi

Sumbangan Transisi

RABU, 25 NOVEMBER 2020

Besok, Joe Biden Siap Umumkan Jajaran Kabinetnya
<i>How Democracies Die</i>: Demokrasi Bisa Mati Di Tangan Pemimpin Terpilih
Cat Rambut

Cat Rambut

MINGGU, 22 NOVEMBER 2020

Menengok Sejarah Sahara Maroko, Apa Maksud Provokasi Polisario?
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds