Kembangkan Potensi Anak Melalui Global Entrepreneurship Week

Pendidikan  SABTU, 21 NOVEMBER 2020 , 19:46:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Kembangkan Potensi Anak Melalui Global Entrepreneurship Week

Global Entrepreneurship Week/LAN

RMOLBANTEN. Meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) Bintaro tetap menggelar event tahunan yakni Global Entrepreneurship Week (GEW) dengan tema Entrepreneurship Power for Youth secara daring.

Adapun rangkaian acara yang diikuti seluruh siswa mulai dari TK hingga SMA, yakni science workshop, lomba business plan serta webinar kewirausahaan dan juga menggelar podcast dengan bersama Andre Surya salah satu animator 3D terkenal di Indonesia.

Principal Eksekutif SPJ, Indira Sunito mengatakan, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, para siswa dari TK hingga SMA diwajibkan membuat suatu produk untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

"Namun dimasa pandemi, pembuatan produk untuk melatih jiwa entrepreneur tersebut dikirimkan melalui video. Kemudian yang terpilih akan ditampilkan dalam puncak GEW melalui aplikasi Zoom hari ini," terang Indira di SMA Plus Pembangunan Jaya, Sabtu (21/11).

SPJ juga ingin memfokuskan kepentingan para siswa sebagai upaya penguatan jiwa dan etika entrepreneur yang benar.

"Kami ingin mengedepankan kepentingan mereka, orang tua sudah menitipkan ke kita dan kita harus amanah, jangan setelah masuk diabaikan. Potensi mereka kita kembangkan, tapi anak harus kita sambut. Sekolah adalah untuk mengasah akademik mereka itu tidak kami sia-siakan, itu kami kembangkan semua," ungkapnya.

Lanjut Indira, smart kurikulum yang dikembangkan SPJ pun diperkaya dengan materi untuk mencerdaskan yaitu, penggabungan materi menjadi satu proyek yang dibuat para siswa dengan izin orang tua dan guru kemudian dipamerkan secara internal maupun eksternal.

"Seperti akademik, pengayaan, strategi yang kami kembangkan cenderung berpusat pada anak. Contohnya batik SPJ ini, yang dibuat desainnya dari hasil perlombaan, jadinya bisa memiliki ciri khas. Lalu terlihat anak SD bikin sandwich dalam yang telah ditampilkan melalui zoom. Mereka kita biasakan dan beri pengalaman agar keterampilan hidup mereka semakin banyak," tutur Indira.

Selain penampilan para siswa terpilih melalui aplikasi zoom, SPJ juga mengundang Andre Surya sebagai animator untuk memberikan materi dalam Podcast YouTube, sehingga bisa disaksikan oleh para siswa.

"Insya Allah semester depan akan ada ekskul coding, karena anak remaja pikirannya kesana dan SPJ tidak boleh ketinggalan zaman. Terlebih masa Pandemi yang mengajarkan kita untuk lebih cerdas dengan adanya kombinasi dan kolaborasi antar guru, dalam mencari materi yang baru," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds