Sejuta Makna Dibalik Bacaan Buku Anies Baswedan Dengan Judul ‘How Democracies Die'

Politik  MINGGU, 22 NOVEMBER 2020 , 15:08:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Sejuta Makna Dibalik Bacaan Buku Anies Baswedan Dengan Judul ‘How Democracies Die'

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikmati akhir pekan dengan membaca sebuah buku berjudul 'How Democracies Die’/Repro

RMOLBANTEN Anies Baswedan mempunyai cara tersendiri dalam menikmati akhir pekan. Orang nomor satu di Jakarta itu memilih untuk bersantai dengan menggunakan sarung dan baju berwarna putih lengan pendek.

Foto yang diunggah dalam akun Twitter pribadinya, Gubernur DKI Jakarta itu  tampak sedang membaca sebuah buku berjudul 'How Democracies Die’.

Buku setebal 320 halaman itu merupakan karya Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt.

"Selamat pagi semua, selamat menikmati Minggu pagi," ungkap Anies seperti dikutip redaksi melalui akun Twitter resminya, Minggu (22/11).

Sontak komentar komentar beragam warganet atas unggahan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Penelusuran redaksi, respon warganet mayoritas mendoakan Anies agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.

"Entah kenapa lihat bapak itu sejuk banget. Semoga Allah selalu memberkahi setiap jalan pak Anies," sahut warganet bernama Hasanuddin bin Kosasih.

"Buku adalah jendela dunia, terima kasih pak @aniesbaswedan memberi contoh kepada generasi muda akan pentingnya membaca. Bnyk membaca jd pintar, males baca jd dungu," jawab warganet @samc17895.

Sebagai informasi, buku berbahasa Inggris tersebut merupakan karya dua pengamat profesor Ilmu Politik Harvard University, Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt, yang diterbitkan pada 2018.

Secara garis besar buku tersebut menggambarkan bagaimana pemimpin terpilih memiliki sumber daya serta akses mengubah proses demokrasi untuk memperkuat cengkraman kekuasannya secara perlahan.

Levitsky dan Ziblatt juga memaparkan bagaimana berbagai cabang pemerintahan dalam suatu sistem dengan pemisahan kekuasan yang mendapat legitimasi untuk melemahkan kelompok lain atau oposisi.

Penulis meneliti dinamika politik dalam negeri Amerika Serikat, Pilpres AS 2016 serta semasa pemerintahan Donald Trump.

Belum tahu maksud Anies Baswedan memposting buku dengan judul 'How Democracies Die’. Sejuta makna dan hanya Anies yang tahu jawabannya. [dzk]




Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds