Ombudsman Temukan 72 persen Kabupaten/Kota Belum Salurkan APD Pilkada

Politik  RABU, 02 DESEMBER 2020 , 20:35:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Ombudsman Temukan 72 persen Kabupaten/Kota Belum Salurkan APD Pilkada

Press rilis hasil investigasi Ombudsman terkait kesiapan Pilkada/Repro

RMOBANTEN Investigasi oleh Ombudsman terkait kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dilakukan sejak tanggal 25-27 November.

Satu hal yang ditelusuri adalah kesiapan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kepala Keasistenan Analis Pencegahan Maladministrasi Ombudsman, Muhammad Pramulya Kurniawan menerangkan, pihaknya melakukan investigasi di 31 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020.

"Investigasi dilakukan di 31 KPU kabupaten/kota. Dari 31 itu ada 7 KPU kabupaten/kota yang kita kunjungi PPK nya," ujar Kurniawan dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Ombudsman, Rabu (2/12).

Ombudsman dari investigasi dipuluhan daerah tersebut, menemukan mayoritas KPU kabupaten/kota belum menyalurkan APD ke PPK. Padahal, waktupemungutan suara sudah mendekati.

"Hasil investigasinya, bahawa di KPU yang belum menyalurkan APD ke PPK ada 72 persen atau 22 KPU Kabupaten Kota," jelasnya.

Sisanya, yaitu sebanyak 9 Kabupaten/Kota atau 28 persen dari total daerah yang di investigasi sudah menyalurkan APD ke PPK.

"Ini adalah Pilkada Serentak di tengah pandemi Covid-19 yang tinkat penyebarannya masih tinggi. Sehingga penerapan protokol keehatan hars lah dipastikan melindungi pelaksanaan pilkada ini. Sehingga, salah satu penyedian alat pelindung diri adalah langkah pencegahan penularan virus dalam pelaksanaan pilkada ini," ," demikian Kurniawan dilansir Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds