Cegah Antrean Saat Musim Nataru 2021, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tambah Petugas Validasi

Keamanan  SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 14:35:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Cegah Antrean Saat Musim Nataru 2021, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tambah Petugas Validasi

Suasana di Bandara Soekarno Hatta/AUL

RMOLBANTEN. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta menambah petugas validasi untuk menghindari adanya antrean penumpang pada musim Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, Darmawali Handoko menuturkan, sebanyak 15 petugas validasi ditempatkan di Terminal 3, sedangkan di Terminal 2 sebanyak 8 petugas.

"Kami sudah lakukan penambahan petugas. Di Terminal 3 menjadi 15 orang petugas yang akan memvalidasi dokumen perjalanan," ujar Handoko saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Senin (21/12).

Pihaknya pun menyediakan dua tempat validasi di Terminal 2 yaitu di Terminal 2D dan 2E, sementara di Terminal 3 terdapat satu lokasi.

"Di Terminal 2, ada dua tempat validasi yaitu di D dan E, di sana masing-masing saat peak (hours) kami siapkan 8 orang petugas validasi," kata Handoko.

Menurut Handoko, proses validasi dokumen perjalanan atau surat bebas Covid-19 hanya membutuhkan waktu kurang dari semenit. Untuk itu, ia menjamin adanya pemeriksaan cepat agar tidak menimbulkan antrean.

"Dalam setiap kali validasi hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 1 menit," ujarnya.

Selain penambahan petugas, KKP Kelas I Bandara Soetta menempatkan dokter di Medical Service Assistance (MSA) dan mobil medis tidak jauh dari tempat validasi.

"Pertama kita sudah bikin posko Nataru, terdiri dari lintas sektor dan lintas program yang ada di Bandara Soetta ini. Di belakangnya ada tempat untuk menilai dan sebelahnya lagi juga ada golf car yang bisa membawa pasien yang tidak bisa jalan," tutur Handoko. [ars]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds