Saksi Penting Kasus Dugaan Suap Lobster Edhy Prabowo Meninggal Dunia

Hukum  SELASA, 05 JANUARI 2021 , 02:40:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Saksi Penting Kasus Dugaan Suap Lobster Edhy Prabowo Meninggal Dunia

Almarhum Deden Deni usai diperiksa penyidik KPK pada Senin lalu (7/12)/RMOL

RMOLBANTEN Saksi penting terkait kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster dikabarkan meninggal dunia akibat Covid-19. Saksi yang dimaksud adalah, Deden Deni selaku Direktur PT PLI.

"Informasi yang kami terima yang bersangkutan meninggal sekitar tanggal 31 Desember yang lalu," terang Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri dikutip dari Kantor Berita Politik RMOLID, Selasa (5/1).

Saksi Deden sendiri telah dilakukan pencegahan untuk ke luar negeri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 4 Desember 2020 hingga enam bulan ke depan.

"Namun demikian proses penyidikan perkara tersangka EP (Edhy Prabowo) dkk tidak terganggu, sejauh ini masih berjalan dan tentu masih banyak saksi dan alat bukti lain yang memperkuat pembuktian rangkaian perbuatan dugaan korupsi para tersangka tersebut," jelas Ali.

Terkait Deden merupakan saksi kunci dalam perkara ini, Ali mengaku masih banyak saksi yang dimiliki oleh penyidik KPK.

"Masih banyak saksi yang lain, Mas," pungkas Ali.

Deden sendiri juga diketahui sempat diperiksa penyidik KPK pada Senin lalu (7/12) sebagai saksi untuk tersangka Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan.

Deden usai diperiksa itu, langsung menutup seluruh wajahnya dengan jaket yang dikenakannya dan topi serta masker saat bertemu dengan wartawan yang telah menunggu di depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Deden pun tak mengeluarkan pernyataan apapun saat dilontarkan banyak pertanyaan dari wartawan. Ia hanya terus diam dan menutup wajahnya hingga masuk ke dalam kendaraannya.

Deden Deni juga sempat diamankan saat operasi tangkap tangan (OTT) di kediamannya berbarengan dengan ditangkapnya Edhy selaku Menteri Kelautan dan Perikanan pada Rabu (25/11).

Saat diamankan itu, Deden menjabat sebagai Pengendali PT Aero Citra Kargo (ACK). Namun, Deden dilepaskan dan tidak ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini. [dzk]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds