Mendikbud Pastikan CPNS Untuk Guru Tetap Ada

Pendidikan  KAMIS, 07 JANUARI 2021 , 14:49:00 WIB | LAPORAN: CR-1

Mendikbud Pastikan CPNS Untuk Guru Tetap Ada

Ilustrasi guru tengah mengajar di sekolah/NET

RMOLBANTEN. Beredar kabar tidak akan adanya formasi guru pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada perekrutan tahun ini membuat galau para pengajar di Banten.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan bahwa rekrutmen CPNS untuk formasi guru bakal tetap ada.

"Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud," kata Nadiem, melalui laman Instagram @nadiemmakarim.

"Saya menegaskan bahwa formasi CPNS Guru ke depan akan tetap ada karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," lanjutnya.

Salah seorang guru di Kota Serang, Nurmala Sari menyambut baik adanya kepastian ada quota CPNS untuk formasi guru di seleksi tahun 2021 ini.

"Alhamdulillah, saya bersyukur jika memang ada kepastian bahwa formasi guru di CPNS tidak dihilangkan atau tetap ada," katanya, Kamis (7/1).

Dia mengaku sempat galau karena beredar kabar tidak ada quota CPNS untuk guru karena akan dialihkan ke PPPK. Tetapi kini ia mengaku lega dengan adanya kepastian yang diumumkan Mendikbud.

"Sempat galau, tapi Alhamdulillah sekarang agak lega, karena masih ada kesempatan untuk menjadi PNS. Kan masa ngehonor teruskan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, status PPPK masa kerjanya terbatas. Tidak seperti PNS yang terjamin hingga sampai pensiun.

"Kan kalau PPPK masa kerjanya paling lama 5 tahun, masa iyah nanti tidak ada kejelasan," tuturnya.

Senada dikatakan guru lainnya, Adi mengaku senang juga atas adanya kepastian tersebut. Soalnya, di dalam persyaratan perekrutan PPPK tidak memenuhinya karena belum memiliki Dapodik.

"Alhamdulillah, karena kalau di PPPK saya tidak masuk, karena saya belum memiliki Dapodik. Kan kalau PPPK ada dua persyaratannya. Kalau sudah ngajar harus punya Dapodik, kalau yang belum harus punya sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG)," ungkapnya.

Dia berharap, agar pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan guru karena profesi tersebut sangat berperan dalam mempersiapkan generasi muda.

"Pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan guru, karena kalau tidak ada guru bagaimana coba masa depan bangsa," tutupnya. [ars]

Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds