Harus Contoh KPUD, IDI Sarankan Anggota DPRD Tangsel Swab Test Massal

Kesehatan  SABTU, 09 JANUARI 2021 , 02:40:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Harus Contoh KPUD, IDI Sarankan Anggota DPRD Tangsel Swab Test Massal

Anggota DPRD Tangsel saat awal dilantik jadi anggota dewan Kota Tangsel/Repro

RMOLBANTEN Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangsel menyarankan seluruh anggota DPRD Tangsel dan karyawan dilakukan swab test massal, seperti halnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel pada saat tahapan Pilkada berlangsung.

Hal itu seiring dengan adannya anggota DPRD yang juga Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Tangsel, Ferdiansyah dinyatakan positif Covid-19.

"Ya tergantung permintaannya. Kalau anjuran Dinas Kesehatan (Dinkes) pasti swab test massal, seperti waktu habis pendaftaran di KPU," terang Ketua IDI Tangsel, Imbar Umar Ghazali, Jumat (8/1).

Imbar juga menyarankan, agar DPRD bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Swasta agar hasilnya bisa cepat dideteksi.

"Harusnya langsung tingkatkan ke PCR, enggak usah nunggu lagi. Hasil PCR dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) itu 3-7 hari, kalau beliau pengen cepat hasilnya ke RS swasta, tes mandiri hasilnya 1x24 jam," paparnya.

"Setelah hasil keluar baru bisa diambil langkah, kalau CT atau hasil deteksi gen PCR-nya kurang dari 30 tidak bisa isolasi mandiri biasa, harus ada pengawasan dokter jadi isolasinya di Puskesmas atau Rumah Sakit," tambah Imbar.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPD PSI Tangsel Andreas Arie membenarkan jika Ferdiansyah terkonfirmasi covid-19.

"Iya betul Selasa sore itu dia Swab dan positif. Sekarang beliau sedang isolasi mandiri, sambil menunggu hasil Swab PCR.  Yang kemarin itu baru Swab Antigen saja. Mohon doanya semua legas membaik dan hasilnya negatif," terang Andreas dalam keterangannya, Kamis (7/1). [ars]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds