15 Juta Vaksin Tahap Tiga Tiba Di Bandara Soekarno Hatta

Kesehatan  SELASA, 12 JANUARI 2021 , 19:03:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

15 Juta Vaksin Tahap Tiga Tiba Di Bandara Soekarno Hatta

Vaksin sinovac tahap tiga tiba di Bandara Soekarno Hatta/AUL

RMOLBANTEN. Sebanyak 15 juta vaksin COVID-19 tahap tiga kembali datang dari Tiongkok di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021).

Vaksin tersebut merupakan vaksin curah atau bahan baku untuk membuat vaksin yang nantinya akan disebarkan ke masyarakat.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas memantau langsung kedatangan 15 juta dosis vaksin COVID-19 tahap tiga tersebut.

Dalam pemantauan tersebut, Doni menuturkan meski 18 juta dosis vaksin yang telah tiba di Indonesia, masyarakat tetap diimbau menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Adanya vaksin ini jangan sampai kita kendor, vaksin diimbangi dengan kepatuhan kepada prokes 3M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," ujar Doni.

Doni mengungkapkan, vaksin merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memutus penyebaran COVID-19. Namun, hal tersebut harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan.

" ini yang harus dipahami oleh kita semua bahwa vaksin harus paralel dengan kedisiplinan dan keduanya gak cukup untuk diri sndiri tapi hrus ditularkan ke orang lain," jelasnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas meminta umat beragama di Indonesia agar tidak ragu dan takut divaksin. Pasalnya, pihaknya telah memastikan vaksin tersebut halal dan suci.

"Sudah dipastikan oleh MUI, pertama bahan gak tercemar babi, enggak memanfaatkan bagian tubuh manusia, serta tidak bersentuhan dengan najis sudah dilakukan pensucian secara syari menggunakan fasilitas suci, jadi harus yakin," tutur Yaqut.

Ia pun menyebut vaksin tersebut merupakan bentuk ikhtiar dari pemerintah untuk bisa menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Kepada seluruh umat beragama saya ingatkan semua agama tanpa terkecuali ajarkan saling melindungi dan ini bagian upaya ajaran agama manapun," pungkas Yaqut. [ars]


Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds