Sebelum Disuntik, Peserta Vaksin Covid-19 Di Tangsel Harus Registrasi Dulu

Kota Tangerang Selatan  RABU, 13 JANUARI 2021 , 06:58:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Sebelum Disuntik, Peserta Vaksin Covid-19 Di Tangsel Harus Registrasi Dulu

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany/LAN

RMOLBANTEN Pemkot Tangerang Selatan siap memfasilitasi datangnya vaksin Covid-19 yang akan disuntikan untuk warga Tangsel.

Demikian disampaikan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Puskesmas Jurang Mangu, Selasa kemarin(12/1).

"8.901 vaksin sedang diambil dari Dinas Provinsi Banten, Insya Allah hari ini selesai dan disimpan di storage (lemari pendingin) Dinas Kesehatan dan kita jaga suhunya," ujar Airin

Airin menjelaskan, nantinya vaksin akan tersebar di 67 fasilitas kesehatan, 29 Puskesmas, 23 Rumah Sakit (RS) swasta dan satu RS Umum Daerah ditambah 14 klinik.

Untuk itu, peserta vaksin Covid-19 sebelum mendapatkan vaksin, lebih dulu menerima pesan singkat yang akan menentukan lokasi dan pukul berapa bisa datang.

"Jadi nanti mulai tanggal 15 Januari ada SMS blast, contoh saya dikasih tahu soal vaksin, setelah itu registrasi ulang, setelah itu menentukan titik dimana dan yang lainnya," tuturnya.

"Baru nanti setelah ketahuan, berapa misalnya yang memilih di Jurang Mangu, Dinas Kesehatan otomatis akan mengdrop untuk vaksinnya dan nanti dikirim kapan peserta yang akan divaksin datang, jam berapa, bagian keberapa, untuk mengurai tidak boleh ada kerumunan," tambah Airin.

Sementara itu masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti menjelaskan, peserta vaksin bisa bebas menentukan lokasi dimana akan divaksin.

"Peserta bisa memilih dimana lokasi yang dia inginkan divaksin, kecuali jika vaksin itu terjadi penumpukan ternyata banyak yang memilih di Jurang Mangu semuanya, maka kita tenaga kesehatan bisa mencari alternatif untuk tempat lain yang sekiranya masih kosong," ungkap Ati.

Sedangkan, untuk pendistribusian vaksin Covid-19 sendiri akan dikawal ketat oleh kepolisian di wilayah masing-masing kota atau kabupaten.

"Jadi untuk tahap pertama termin satu ini, kita akan dapat 14.560. Kita akan distribusikan di dua kota sesuai arahan Kemenkes yaitu Tangsel 8.901 dan di Kota Serang 3.800 dan didistribusikannya itu dijemput oleh mobil khusus didampingi oleh kepolisian," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds