Dari Tangsel, Menkominfo Pastikan Sistem Informasi Data Vaksinasi Sudah Siap

Keamanan  RABU, 13 JANUARI 2021 , 10:16:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Dari Tangsel, Menkominfo Pastikan Sistem Informasi Data Vaksinasi Sudah Siap

Menteri Kominfo Johnny G. Plate/LAN

RMOLBANTEN Menteri Kominfo Johnny G. Plate meninjau kesiapan sistem informasi satu data vaksinasi covid-19 di Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Selasa (12/1).

Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan PT Telkom Indonesia melakukan uji coba sistem tersebut.

Selain mengintegrasikan aplikasi dan database, satu data vaksinasi covid-19 juga dilengkapi mekanisme verifikasi dan keamanan data pribadi.

"Sistem Informasi ini dibuat karena pemerintah percaya bahwa keamanan dan keefektifan vaksin juga vaksinasi perlu didukung oleh sistem manajemen vaksinasi yang aman dan komprehensif, serta prosedur yang efisien," ujar Johnny.

Uji coba ini, menurutnya ditujukan untuk memantau kesiapan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Terlebih, dalam rangka persiapan akhir sebelum dilakukannya proses vaksinasi covid-19 di Indonesia.

"Melalui uji coba yang baru saja dilakukan, saya ingin menyampaikan ke rekan-rekan pers bahwa sistem informasi ini telah siap digunakan untuk program vaksinasi Covid-19," jelasnya.

Lanjutnya, selama program vaksinasi covid-19, puskesmas dilengkapi dengan fasilitas akses internet dengan bandwith yang cukup  agar proses vaksinasi dapat dilakukan dengan baik.

"Pendataan dalam rangka satu data vaksinasi covid-19 dapat dilakukan dengan baik dan benar. Proses ini harus dilakukan mengingat vaksinasi dilakukan dalam dua dosis. Kali ini dosis pertama dan dalam jangka waktu dua minggu atau 14 hari akan dilakukan vaksinasi yang kedua," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menyampaikan terima kasih atas bantuan Kementerian Kominfo untuk memperlancar proses vaksinasi.

"Terima kasih banyak tentunya pak menteri, mudah-mudahan ini bisa membantu dan memperlancar proses untuk ada tahapannya. Ini baru tahap yang pertama yang tentu 14 hari kemudian untuk penyuntikan di tahap berikutnya. Setelah petugas medis baru vaksinasi untuk yang lain dan ke masyarakat. Teman-teman wartawan bantu kami untuk bisa menyosialisasikan bahwa fokus utama untuk vaksin sekarang ini di wilayah Tangerang Selatan," ungkap Airin. [ars]

Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds