Penataan Kabel Di Kota Serang Semrawut, Begini Penjelasan Wakil Walikota

Kota Serang  JUM'AT, 15 JANUARI 2021 , 18:13:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Penataan Kabel Di Kota Serang Semrawut, Begini Penjelasan Wakil Walikota

Kabel semrawut di Jalan Utama Kota Serang/CR-1

RMOLBANTEN Penataan kabel-kabel di Jalanan Kota Serang terlihat semrawut. Terlihat kabel-kabel bergelantungan sembarangan.

Mulai dari kabel listrik hingga kabel telepon. Bahkan, tidak sedikit kabel-kabel itu ditumpangkan ke pepohonan.

Akibatnya, pemandangan jalan di Ibu Kota Banten itu menjadi tidak enak dipandang. Selain itu,  berpotensi membahayakan kendaraan karena posisi kabel beberapa titik terlihat menjuntai.

Seperti halnya di Jalan Abdul Fatah Hasan, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang yang terlihat semrawut. Terlihat kabel-kabel di tumpangkan ke pohon dan satu kabel dengan kabel lainnya saling menyilang sembarangan.

Yadi, salah seorang Warga Kota Serang mengeluhkan dengan semrawutnya penataan kabel di jalanan Kota Serang, apalagi Kota Serang sebagai Ibu Kota Banten.

"Inikan Ibu Kota. Seharusnya menjadi etalase atau contoh dari daerah-daerah lainnya di Banten. Kan disini banyak gedung-gedung bagus, tapi jadi tidak indah karena kabel-kabelnya semrawut," katanya, Jumat (15/1).

Dia mengaku khawatir, karena beberapa titik kabel-kabel itu terlihat menguntai.

"Ini kalau tidak dirapihkan, kami khawatir dan berbahaya," katanya.

Yadi berharap, pemerintah dan pihak-pihak terkait dapat mengatasinya. Apalagi masalah tersebut mudah terlihat karena di jalanan.

"Pemerintah harus menertibkan. Inikan mudah terlihat. Kalau sudah rapih nanti diperketat pengawasan pemasangan kebel-kabel itu," ujarnya.

Wakil DPRD Kota Serang Ratu Ria Maryana mempunyau penilaian sama, penataan kabel-kabel yang ada di Kota Serang masih belum baik.

"Masih banyak memang kalau untuk kabel-kabel di Kota Serang yang belum ditata. Bentangan-bentangannya kurang bagus. Jadi kurang enak dipandang," ucapnya.

Politisi Golkar ini mendorong Pemkot Serang segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik pemerintah Pemprov maupun Pusat ataupun perusahaan yang memasang kaabel-kabel itu. Mengingat kewenangan jalanan di Kota Serang berbeda-beda.

"Kami mendorong Pemkot melakukan penataan terhadap kabel-kabel tersebut, koordinasi dengan yang memiliki kewenangan dalam masalah itu. Ibukota harus dilihat cantik dan indah," terangnya.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, meski jalanan tersebut ada di Kota Serang, tetapi tidak semuanya kewenangan Pemkot Serang, ada kewenangan Pemprov dan ada juga kewenangan Pemerintah Pusat.

"Meski ada juga kewenangan Pemprov dan Pemerintah Pusat, tapi tugas Pemkot Serang untuk membangun sinergi dan berkomunikasi dengan pihak terkait. Karena memang kewengannya bukan dikita semua," ujarnya.

"Pelaksanaannya harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak di atasnya, dengan provinsi dan pusat. Kita sama memang menginginkan ke arah yang lebih baik. Keinginan saya OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kita harus berkordinasi," pungkasnya. [ars]




Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds