Politisi Demokrat: Adakah Mensos Blusukan Ke Kalsel?

Politik  SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:32:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Politisi Demokrat: Adakah Mensos Blusukan Ke Kalsel?

Politisi Partai Demokrat Andi Nurpati/Net

RMOLBANTEN Politisi Partai Demokrat Andi Nurpati mempertanyakan kehadiran pemerintah dalam penanganan bencana bencana alam menimpa dua wilayah Indonesia dalam sepekan ini.

Banjir yang mengepung wilayah Kalimantan Selatan dan gempa bumi magnitudo 6,2 yang meluluhlantahkan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat dini hari (15/1).

Akibatnya, ratusan orang mengalami luka-luka akibat gempa Sulbar dan sebanyak 15 ribu orang terpaksa mengungsi.

Sementara Data Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa korban meninggal mencapai 8 orang.

Adakah yang mau blusukan di Kalsel dan Sulbar? Mereka butuh pertolongan segera,” tegasnya lewat akun Twitter pribadi, Jumat (15/1).

Andi Nurpati secara mempertanyakan kehadiran Menteri Sosial Tri Rismaharini yang akhir-akhir ini jadi perbincangan di media lewat aksi blusukannya.

"Hello ada Mensos nggak ke Sulbar? Kasian rakyat di sana butuh bantuan akibat gempa,” ujarnya.

Dia ingin Mensos Risma bergerak cepat dalam menangani gempa di Majene.

"Mendesak pemerintah dan tim bencana segera berikan bantuan ke lokasi bencana di Sulbar dan Kalsel,” demikian Andi Nurpati.

Akibat lambat turun tangan pemerintah, warganet pun berdengung dengan tagar #KalseJugaIndonesia

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini menuju Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, terkait gempa bumi bermagnitudo (M) 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1) sekitar pukul 01.28 WIB.

Jokowi juga memerintahkan Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI (Purn.) Bagus Puruhito dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuju lokasi tersebut serta Provinsi Kalimantan Selatan terkait banjir dalam beberapa waktu belakangan.

"Presiden sudah memerintahkan Kepala BNPB dan Mensos ke mamuju dan besok Panglima TNI dan saya diperintahkan ke Kalsel dan Mamuju dengan membawa keperluan yang dibutuhkan diantaranya peralatan untuk melaksanakan operasi SAR," ujar Bagus di Posko Terpadu JICT II, Jakarta Utara, Jumat sore.[dzk]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds