Fenomena Kerumunan Meninggalnya Ulama Kharismatik Tidak Hanya Di Jakarta

Nusantara  MINGGU, 17 JANUARI 2021 , 10:43:00 WIB | LAPORAN: FEBY FIRMANSYAH

Fenomena Kerumunan Meninggalnya Ulama Kharismatik Tidak Hanya Di Jakarta

Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf semasa masih hidup/Net

RMOLBANTEN Pemakaman Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf dihadiri ribuan jamaah merupakan fenomena kerumunan yang terjadi tidak hanya di Jakarta.

Di daerah lain, kerumunan dalam kategori peristiwa tertentu juga berpotensi terjadi.

"Kadang memang terjadi kerumunan pada peristiwa tertentu, termasuk peristiwa meninggalnya tokoh atau ulama ya. Itu terjadi di banyak daerah sebetulnya, tidak hanya di Jakarta," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) kepada wartawan, Sabtu malam (16/1).

Ariza berharap para simpatisan para ulama memiliki kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan. Masyarakat, sambungnya, harus dapat menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan apapun. Mulai dari kegiatan keagamaan hingga peristiwa duka seperti meninggalnya seorang tokoh agama.

"Jadi kita minta semuanya tetap patuh taat melaksanakan, dalam peristiwa dalam kegiatan apapun ya, termasuk dalam kegiatan-kegiatan keagamaan maupun kegiatan-kegiatan meninggalnya para ulama, para kiai, para ustaz, para tokoh,” sambungnya.

"Kita minta tetap masyarakat untuk patuh taat melaksanakan protokol kesehatan," demikian Ariza.

Habib Ali bin Abdurahman Assegaf  adalah anak  kedua dari pasangan Habib  Abdurrahman bin Ahmad  Assegaf (Sayyidul Walid) dan  Hj. Barkah  binti Ahmad  Fusyani.  Lahir  pada  tahun  1945  di Bukit Duri, Jakarta.

Habib  Ali merupakan tokoh ulama kharismatik yang disegani di Jakarta, kiprahnya melanjutkan  perjuangan dakwah  Sayidul Walid  sebagai  ulama  sentral  yang menjadi  rujukan para  ulama dan habaib,  majelisnya di Yayasan  Al-Afaf di Bukit Duri, Jakarta  menjadi  pusat  ilmu yang selalu di datangi  oleh ulama besar dari berbagai  penjuru dunia.

Ulama karismatik ini belakangan memang sempat menjadi sorotan lantaran majelisnya yang penuh sesak saat Habib Rizieq Shihab datang sepulang dari Makkah Arab Saudi.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW itu dihadiri ribuan jemaah. Jalan di Tebet hingga Jalan Abdullah Syafi'i ditutup karena banyaknya jemaah yang hadir. [dzk]
 


Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds