WH: Data Pasien Positif Covid-19 Harus Dipublikasikan

Kesehatan  SENIN, 18 JANUARI 2021 , 15:18:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

WH: Data Pasien Positif Covid-19 Harus Dipublikasikan

Gubernur Banten Wahidin Halim/CR-2

RMOLBANTEN. Kabar data sejumlah warga yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Pandeglang bocor ke publik mendapat perhatian dari Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH).

Menurut WH, data pejabat maupun masyarakat yang terpapar covid-19 harus dibuka secara transparan.

"Bukan datanya bocor, emang harus diumumin. Orang Presiden ngumumin, iya kan," ujar Gubernur Banten, Wahidin Halim kepada awak media di Kota Serang, Senin (18/1).

Mantan Walikota Tangerang itu menjelaskan, pihak rumah sakit baiknya mempublikasikan data pasien covid-19 dalam rangka mencegah penularan covid-19 yang kian meluas.

Publikasi data pasien covid-19 dikatakan WH, bukan untuk memberikan stigma buruk ditengah masyarakat melainkan masyarakat harus berpikir bahwa siapapun dapat tertular virus tersebut.

"Ngasih tahu itu kena covid, makanya isolasi. Bukan dimusuhin. Berikan pencerahan yang kena Covid isolasi atau bawa ke RS," katanya.

Sejauh ini sambung WH, disiplin penerapan protokol kesehatan ditengah masyarakat mulai berkurang bahkan masih kedapatan masyarakat yang menggelar pesta ditengah pandemi.

"Mengeluh-mengeluh pesta mulu. Masyarakat juga harus pada tahu jangan pesta mulu, nggak pakai masker, nggak pakai apa," tegasnya.

Oleh sebab itu, WH pun meminta masyarakat untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan karena potensi penularan covid-19 masih tinggi.

"Orang disiplin protokol kesehatan kena Covid-19. Takut. Bukan ngomong keras, karena kita harus pakai masker," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds