SENGKETA PILKADA TANGSEL

Sering Beracara Di MK, KPU Tangsel Sebut Pengacaranya Siap Bertarung Dengan Tim Hukum Muhamad-Saraswati

Hukum  RABU, 20 JANUARI 2021 , 02:17:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Sering Beracara Di MK, KPU Tangsel Sebut Pengacaranya Siap Bertarung Dengan Tim Hukum Muhamad-Saraswati

lh Ketua KPU Tangsel, M Taufik MZ/Net

RMOLBANTEN Meski belum menerima salinan Akta Registrasi Perkara Konstitusi dengan nomor registrasi perkara 115/PHP.KOT-XIX/2021 tertanggal Senin 18 Januari 2021 dari Mahkamah Konstitusi (MK) perihal gugatan Pilkada Tangsel.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel menyatakan sudah mempersiapkan seluruh bukti hingga pengacara dalam menghadapi persidangan.

"Insya Allah selalu dan harus siap. Kita sudah siapkan lawyer, kita sudah susun jawaban, kronologis dan daftar alat bukti," tutur Plh Ketua KPU Tangsel, M Taufik MZ saat dikonfirmasi Selasa (19/1).

Lanjut Taufik, pengacara yang dipersiapkannya merupakan salah satu kantor advokat yang sering menangani kasus di MK.

"Ya kalau lawyer dari salah satu kantor advokat yang sering beracara di MK ya, persoalan mereka mau 'mengerahkan' berapa orang terserah mereka, kayaknya cukup 3 saja mengingat suasana masih pandemi covid-19 dan aturan ketat persidangan di MK," paparnya.

Sementara itu, untuk alat bukti KPU Tangsel telah menyiapkan sesuai dengan yang diajukan oleh pemohon yakni tim kuasa pasangan calon nomor urut 1, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

"Alat bukti sesuai apa yang di ajukan pemohon," kata Taufik.

Sebelumnya diberitakan, Gugatan Pilkada Tangsel yang dilayangkan pasangan calon nomor urut 1, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo ke Mahkamah Konstitusi (MK) dinyatakan telah teregistrasi atau diterima.

Diterimanya gugatan kubu Muhamad-Saraswati tercatat pada Akta Registrasi Perkara Konstitusi dengan nomor registrasi perkara 115/PHP.KOT-XIX/2021 tertanggal Senin 18 Januari 2021 pukul 10.00 WIB.

Dalam akta tersebut juga dijelaskan, perkara tersebut segera akan ditetapkan hari sidangnya dan kepada pemohon, termohon, dan Bawaslu segera akan diberitahukan mengenai ketetapan tersebut.

Demikian akta ini dibuat dan ditandatangani oleh Panitera.

Kuasa Hukum Muhamad-Saraswati, Astiruddin Purba membenarkan jika salinan akta dari MK juga sudah diterima.

"Salinan akta sudah kami terima. Dengan keluarnya akta tersebut artinya perkara tersebut telah resmi akan disidangkan di MK. Apa yang selama ini dipertanyakan banyak orang terkait kemungkinan tidak disidangkan karena ambang batas, itu memang sudah terjawab," ungkap Astiruddin saat dikonfirmasi, Selasa (19/1).

Lebih lanjut, direncanakan sidang perdana dengan agenda sidang pendahuluan akan dilangsungkan pada Selasa (26/1).

"Jadi sesuai jadwal persidangan, setelah terbit perkara dengan nomor 115 sesuai informasi ke Paniteraan akan sidang tanggal 26 Januari, akan ada sidang perdana dengan agenda sidang pendahuluan," paparnya. [ars]




Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds