Lima Makna Kumpul Keluarga Saat Imlek Bagi Lansia

Pariwisata & Budaya  MINGGU, 24 JANUARI 2021 , 22:03:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Lima Makna Kumpul Keluarga Saat Imlek Bagi Lansia

Imlek 2021. Net

RMOLBANTEN. Imlek atau Tahun Baru China menjadi perayaan global oleh seluruh masyarakat dunia. Mengingat hampir seperlima penghuni bumi adalah orang China. Tak terkecuali di Indonesia. Perayaan Imlek 2572, jatuh pada hari Jumat, 12 Februari 2021.

Imlek di negara China dirayakan saat petani berhasil melewati musim dingin dan bersyukur memiliki pergantian musim yang baru atau musim semi. Dalam kalender China, Imlek ditandai dengan dimulainya tahun baru berdasarkan beredarnya bulan saat mengelilingi bumi.

Saat merayakan imlek, umat Buddha bersembahyang dan merayakan Cap Go Meh. Dengan tujuan untuk menyampaikan rasa syukur dan harapan agar tahun baru mendatangkan rezeki berlimpah.

Seperti halnya perayaan keagamaan lainnya, Imlek juga ditandai dengan momen kumpul keluarga. Saat berkumpul dimeriahkan dengan tradisi makan bersama, bercengkerama, berbagi pengalaman hidup, memberi hadiah, membagikan angpao, saling berkunjung antar satu keluarga dengan keluarga lain, dan sebagainya.

Hal ini memberikan kebahagiaan lebih bagi orang tua atau lansia. Berikut, beberapa makna kumpul keluarga saat Imlek bagi lansia.

1. Sebagai Sarana Berkumpul
Bagi anggota keluarga yang tinggal jauh di luar kota atau negeri, Imlek menjadi momen besar untuk berkumpul. Hal ini menjadi kegembiraan tersendiri bagi lansia dengan kondisi terbatas, dan tidak bisa keluar rumah atau bepergian jauh. Khususnya, saat bertemu dengan sanak saudara, anak, cucu yang selama ini jarang bertemu.

2. Merasakan Kehangatan
Kehangatan keluarga saat berkumpul memberikan rasa hangat. Dampak energi positif akibat kegembiraan seluruh keluarga.

3. Menimbulkan Rasa Bahagia
Saat berkumpul menjadi momen bersantai dan rileks. Pelepas penat kesibukan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat para lansia gembira saat bertemu sanak keluarga atau berlibur ke suatu destinasi tertentu.

4. Keakraban Keluarga
Makna berkumpul saat imlek juga menjadi cara bersyukur suatu keluarga. Saling berbagi cerita dan mencarikan solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada di tahun sebelumnya. Sehingga, membuat antara hubungan keluarga menjadi lebih dekat.

5. Menjadi Pusat Perhatian
Ketika keluarga berkumpul, akan menjadi tempat curahan perhatian dari seluruh keluarga. Lansia merasa lebih mendapat perhatian lebih yang tertuju padanya. Baik itu melalui memberikan perhatian tulus, berkomunikasi dan berinteraksi, mengajak jalan-jalan, mencicip makanan, hingga perawatan bila terjadi gangguan kesehatan.

Salah satu opsi dalam merayakan pergantian tahun Tikus Logam ke tahun Kerbau Logam atau Kerbau Emas, dapat dilaksanakan di hotel-hotel Waringin Hospitality dengan protokol kesehatan.  

Jika biasanya angpao hanya berupa uang tunai saja, kali ini anda bisa memberikan angpao untuk keluarga atau sahabat dengan membelikan angpao berupa voucher kamar Luminor Hotel dan Hotel 88. Termasuk memesan menu makan malam khas imlek. Agar momen makan malam bersama keluarga di hotel tanpa perlu repot mempersiapkan kebutuhan.

"Voucher tersebut berlaku 1 tahun, jadi anda bisa memakainya kapan saja anda mau. Anda pun tidak perlu report keluar rumah. Tinggal beli saja di Official Store Tokopedia Waringin Group mulai dari Rp 200 ribu," ujar Metty Yan Harahap selaku Corp DOM Waringin Hospitality Hotel Group dalam keterangan persnya, Minggu (24/1).

Metty menambahkan, pihaknya menjamin kenyamanan dan kesehatan tamu di hotel-hotel grup Waringin Hospitality. Melalui penerapan standar prosedur kesehatan di setiap hotel. Menerapkan social distancing, wajib memakai masker, pengecekan suhu badan, penyemprotan disinfektan secara berkala, dan menyediakan hand sanitizer di setiap sudut hotel.

"Kami memberikan pilihan terbaik bagi anda untuk tetap dapat menikmati momen imlek di tahun 2021 ini bersama keluarga. Kami menyediakan Paket Dinner Imlek di Luminor Hotel juga Hotel 88. Kami juga menjual paket hampers imlek mulai dari Rp 200 ribu bagi anda yang memberikannya untuk keluarga maupun sahabat yang lain," demikian Metty. [tsr]


Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds