Cuaca Ekstrem, Empat Daerah Di Banten Ini Berpotensi Banjir

Keamanan  SENIN, 25 JANUARI 2021 , 15:24:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Cuaca Ekstrem, Empat Daerah Di Banten Ini Berpotensi Banjir

Curah hujan tinggi/Net

RMOLBANTEN.  Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem pada puncak musim hujan Januari hingga Februari 2021.

Koodinator Bidang Data dan Informasi BMKG Klas 1 Serang, Tarjono mengatakan Wilayah Banten saat ini sedang memasuki musim penghujan sehingga masyarakat harus mewaspadai curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Wilayah Banten secara keseluruhan sedang berada dipuncak musim hujan, ditambah lagi masih adanya pengaruh fenomena alam La Nina dan dan faktor-faktor lokal, maka patut diwaspadai," Ujar Tarjono saat dikonfirmasi via Seluller, pada Senin (25/1).

Sementara, Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten mencatat sedikitnya 4 dari 8 Kabupaten/Kota di Banten berpotensi besar bakal diterjang bencana banjir.

"Secara umum, potensi banjir hampir merata di 8 Kabupaten/Kota, tetapi yang potensinya kebih besar ada di Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang, dan Kota Cilegon," Kata Plt BPBD Banten, Nana Suryana.

Untuk mengantisipasi banjir, Nana mengakui pihaknya telah meningkatkan koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten/Kota se-Banten.

Selain itu dikatakan Nana, unsur TNI/Polri serta relawan disiapkan untuk memaksimalkan pananganan banjir di Tanah Jawara.

"Kita siapkan personil, logistik perahu, dan kendaraan oprasional, sehingga jika Kabupaten/Kota membutuhkan bantuan, Kita sudah siap, termasuk dengan unsur TNI/Polri dan relawan," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds