Tinjau Perumahan Taman Graha Asri Yang Longsor, Syafrudin Janjikan Perbaikan

Kota Serang  KAMIS, 04 FEBRUARI 2021 , 14:06:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Tinjau Perumahan Taman Graha Asri Yang Longsor, Syafrudin Janjikan Perbaikan

Walikota Serang, Syafrudin meninjau lokasi longsor di Perumahan Taman Gaha Asri Serang/HEN

RMOLBANTEN Walikota Serang Syafrudin meninjau lokasi longsor di Perumahan Taman Graha Asri, Kota Serang. Beberapa rumah yang ada dekat dengan bantaran Sungai Cibanten ikut terdampak

Syafrudin mengaku akan bertanggungjawab, meskipun kewenangan Kali Cibanten ada di Pemerintah Pusat.

"Di Graha Asri ada dua titik longsor dari Kali Cibanten. Kali Cibanten ini penanganannya ada di Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (C3). Tapi kami akan bertanggungjawab terhadap bencana kemarin, sekalipun memang kewenangannya ada di balai secara fisik," terang Syafrudin di lokasi lonsor, Kamis (4/2).

Dari hasi tinjauannya Syafrudin melihat saluran dari warga di lokasi longsor tersebut turun airnya langsung ke tanah, tanpa ada selokan dan drainase.

"Titik longsor kedua ini mungkin tidak bisa dibuat saluran, tapi nanti akan kami buatkan Bronjong, akan segera kami ajukan, mudah-mudahan di tahun ini sebelum musim panas sudah ada langkah nyata," ujarnya.

"Insya Allah kewajiban-kewajiban Pemkot baik drainase maupun saluran kecil di perumahan akan coba kami buat pasangan, tidak langsung lari ke tanah," demikian Syafrudin.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah rumah di Blok J2 Perumahan Taman Graha Asri Kota, Serang longsor di sekitar pinggiran Kali Cibanten. Diketahui, kawasan perumahan elit tersebut semalaman diguyur hujan.

Ketua RT 2 RW 27 Taman Graha Asri, Lutfi mengatakan, semalaman memang diguyur hujan yang cukup besar. Bahkan baru selesai pas subuh.

"Mulai hujan pas jam sebelasan itu, reda-reda pas jam empatan subuh. Itu juga lumayan gede," ucapnya saat ditemui di lokasi longsor, Rabu (3/2).

Dia menambahkan, jika longsor kali ini merupakan longsor yang paling besar yang terjadi di komplek tersebut. Meskipun sebelumnya juga pernah terjadi.

"Dulu pernah sih longsor juga, cuma kecil longsornya. Ini yang paling besar ini, liat aja sampai ada beberapa rumah yang terdampak," katanya.[ars]





Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds