Kapal Perang AS Konvoi Di Laut Sumatera, Ini Penjelasan Kadispen AL

Keamanan  MINGGU, 07 FEBRUARI 2021 , 07:41:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Kapal Perang AS Konvoi Di Laut Sumatera, Ini Penjelasan Kadispen AL

Kapal Induk AS USS Nimitz dan dua kapal perang AS lainnya dipantau dari kapal perang milik TNI AL saat melintas di sekitar perairan Indonesia/Ist

RMOLBANTEN Kapal Induk AS USS Nimitz dan dua kapal perang AS lainnya dipantau dari kapal perang milik TNI AL saat melintas di sekitar perairan Indonesia, tepatnya timur Sumatera, pada Jumat kemarin (5/2).

Kapal induk milik Amerika Serikat, USS Nimitz berkode CVN 68. Sedangkan dua kapal perusak USS Princeton (CG-59) dan USS Sterett (DDG-104).

Kehadiran militer asing ini bukan tidak diketahui oleh pihak keamanan dalam hal ini TNI Angkatan Laut.

Kadispen AL, Laksma TNI Julius Widjojono menyampaikan, seluruh kapal milik militer AS tersebut melintas dengan menaati hukum internasional.

"Benar (ada kapal induk AS melintas). Sedang melakukan hak lintas transit. Hukum internasional mereka patuhi," jelas Julius, Sabtu (6/2).

Julius menambahkan, USS Nimitz dan 2 kapal pengawal melaju menuju Laut Natuna Utara.

Seluruh kapal perang AS tersebut juga sudah berkomunikasi dengan otoritas di Indonesia, dalam hal ini TNI AL.

"Betul ke LCS. Operasi keamanan laut (TNI AL) sudah terprogram dan terencana, baik operasi mandiri dan atau operasi di bawah kendali Panglima TNI," tambahnya.

Pergerakan dan aktivitas ketiga kapal perang AS tersebut dipantau secara terus menerus oleh Puskodal Guskamla Koamada I.

Kemudian ditindaklanjuti pemantauan oleh KRI yang sedang melaksanakan operasi di Selat Malaka dan operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Singapura di Selat Singapur BKO Guskamla Koarmada I.

Unsur KRI tersebut antara lain KRI Todak-631, KRI Halasan-630, KRI Krait-827, KRI Pari-849 dan KRI Sikuda-863, serta Pesawat Udara Patmar Cassa P-8203 saat melintas di Selat Malaka.

Koarmada I menjelaskan, pada akhir pelaksanaan passing dengan Konvoi Kapal Perang US Navy dilaksanakan komunikasi menggunakan flash light, disampaikan pesan 'Bon Voyage' sebagai bentuk diplomasi Angkatan Laut saat konvoi kapal tersebut berada di perairan yurisdiksi nasional Indonesia. [dzk]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds