PPKM Mikro Diklaim Dinkes Banten Efektif Tekan Klaster Keluarga

Kesehatan  RABU, 17 FEBRUARI 2021 , 20:06:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

PPKM Mikro Diklaim Dinkes Banten Efektif Tekan Klaster Keluarga

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti/Net

RMOLBANTEN. Pengawasan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri ditingkat rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) yang tersebar di wilayah Tangerang Raya selama PPKM mikro dinilai efektif dalam menekan sebaran kasus baru Covid-19 termasuk klaster keluarga.

Kdepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, PPKM mikro ini mampu menekan sebaran Covid-19 hingga ke tingkat paling bawah. Apalagi dalam proses pengawasan sangat ketat sehingga klaster keluarga pasti turun.

"Tentunya dengan PPKM mikro ini bagaimana caranya kelaster keluarga ini kan bisa turun, maka benar benar yang isolasi mandiri itu ngga boleh bercampur dengan keluarganya," ujarnya kepada awak media di Kota Serang, Rabu, (17/2).

"Kalau memang isolasi mandirinya ternyata dirumahnya tidak memenuhi syarat. isolasi mandirinya harus di rumah singgah agar tidak terjadi penularan antar klaster keluarga," sambungannya.

Ati mengaku belum mengetahui secara detail yang jelas jumlah RT yang kategori zona merah. Kategori zona hijau itu di satu RT tidak ada kasus. sedangkan untuk zona kuning kalau kasusnya di satu RT ditemukan 1 sampai 5 kasus.

"Kalau zona oranye 6 sampai 10 kasus, dan diatas 10 itu sudah masuk zona merah," ujarnya.

Untuk sumber anggaran PPKM mikro, ati menjelaskan, sesuai dengan arahan Kemendagri dan Kementerian Keuangan bersumber dari anggaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kabupaten/kota.

"Jadi, memang mana yang ranahnya pusat, kabupaten kota dan provinsi. itu sudah diatur dan kami sudah membahas," terangnya.

Selain itu, lanjut Ati, anggaran dana desa digunakan untuk mendukung aktivitas PPKM mikro. Namun sayangnya, Ati enggan membeberkan secara rinci anggaran yang disiapkan.

"Ini kan kita lagi disusun, karena intruksi mendagri terkait recofusing aja baru terbit, kita lagi menyusunan apa sih yang dibutuhkan dari mulai opd dan pemdes," pungkas ati. [ars]


Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds