RT Jadi Garda Terdepan, Pemkot Tangsel Akan Tambah Relawan Tim Tracer Covid-19

Keamanan  JUM'AT, 19 FEBRUARI 2021 , 01:21:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

RT Jadi Garda Terdepan, Pemkot Tangsel Akan Tambah Relawan Tim Tracer Covid-19

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany/LAN

RMOLBANTEN Dari data yang ditampilkan di https://lawancovid19.tangerangselatankota.go.id/, ada penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 113 kasus dengan total 7019 kasus, pada Kamis (18/2).

Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, dimana tingkat RT akan menjadi garda terdepan diharapkan mampu menekan angka penyebaran Covid-19.

Untuk itu, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany akan menambah relawan tim tracer atau tim pendataan guna membantu lingkungan RT melakukan tracking atau pun tes lainnya.

"Minggu ini kita akan menambah 145 tracer. Tim tracer yang kalau ada kasus positif covid maka akan dicari. Relawan itu ada jadi mudah-mudahan segera. Misalkan ketahuan di RT ini, berapa rumah maka kita kluster semuanya, kita lakukan tes dan tracking, mudah-mudahan itu akan jauh lebih efektif untuk bisa sekecil mungkin menekan terjadinya penularan," tutur Airin kepada wartawan, Kamis (18/2).

Masih kata Airin, para relawan tim tracer yang direkrut oleh Dinas Kesehatan Tangsel, nantinya akan diberikan pelatihan terlebih dahulu.

"Tracer akan dilatih dulu. Jadi Dinkes sedang rekrut tim tracer sebanyak 145 untuk membantu surveilans yang akan kita lakukan," terangnya.

Diketahui, dalam surat edaran Walikota Tangsel nomor 443/458/Huk tentang pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro pada 9 Februari sampai 22 Februari disebutkan jika pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dengan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat rukun tetangga (RT).

Adapun empat kriteria yang ditentukan yakni zona hijau dengan kriteria warga pada satu RT tidak ada kasus Covid-19. Lalu, zona kuning dengan kriteria apabila terdapat 1 sampai dengan 5 rumah pada satu RT dengan kasus konfirmas positif Covid-19 selama 7  hari terakhir.

Kemudian, zona oranye dengan kriteria apabila terdapat 6 sampai dengan 10 rumah pada satu RT dengan kasus konfirmas positif Covid-19 selama 7 hari terakhir.

Dan yang terakhir, zona merah dengan kriteria apabila terdapat lebih dari 10 rumah pada satu RT dengan kasus konfirmas positif Covid-19 selama 7 hari terakhir, maka skenario pengendalian dengan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat tingkat RT yakni meniadakan kegiatan social masyarakat di lingkungan yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan. [ars]




Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds