Kepala DLH Kota Serang: Excavator Sudah Batuk-batuk

Kota Serang  SENIN, 22 FEBRUARI 2021 , 20:44:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Kepala DLH Kota Serang: Excavator Sudah Batuk-batuk

Diskusi Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang/HEN

RMOLBANTEN. Saat ini Pemkot Serang dan Pemerintah Kota Tangsel telah melakukan kerjasama di berbagai bidang.

Salah satu yang menjadi sorotan publik terkait kerjasama masalah sampah.
Hal tersebut lantaran masyarakat sekitar Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong menolak wacana tersebut, selain itu banyak pihak juga yang bersikap.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto saat menghadiri diskusi di Sekretariat PWKS mengungkapkan bahwa kondisi TPSA Cilowong memang perlu ada pembaharuan.

"Ini merupakan kerjasama yang saling membantu antar dua daerah yang satu provinsi. Apa yang kami lakukan, kami mau menolong Tangsel, tapi kami memiliki kekurangan sarana prasarana," katanya, Senin (22/2).

Dia mengklaim, manfaat untuk Kota Serang sangat besar. Dengan adanya bantuan dari Tangsel, pemkot dapat mengolah sampah yang ada saat ini karena ada tambahan biaya.

"Kenapa Pemkot Serang mau menerima? bukan semata-mata melihat materi. Kita menerima TPSA ini dari Pemkab Serang dengan segala kekurangannya. Tahun 95 dibentuk dan diserahkan tahun 2008," ujarnya.

Dia mengungkapkan, hanya pada tahun 2011 Pemkot Serang dengan keterbatasan anggaran memaksakan membeli alat berat dengan dua excavator dan 1 dozer.

"Ini bermasalah karena usianya sudah cukup lama akhirnya kan kemarin terbakar. Excavator kita sudah batuk-batuk, dengan alasan serba kekurangan tersebut yang menjadi kajian kerjasama ini," terangnya.

Selain itu, dia mengungkapkan kendaraan truk untuk mengangkut sampah-sampah di Kota Serang masih sangat terbatas.

"Truk kita cuma punya 35 buah, itu sangat tidak cukup. Tenaga honorer juga gajinya masih belum Upah Minimu Regional (UMR). Mudah-mudahan dengan kerjasama ini banyak perbaikan ke depannya," pungkasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds