Sufmi Dasco Ahmad Puji BPOM Kawal Vaksin Covid-19

Kesehatan  RABU, 24 FEBRUARI 2021 , 15:59:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Sufmi Dasco Ahmad Puji BPOM Kawal Vaksin Covid-19

Ketua Tim Satgas Covid-19, Sufmi Dasco Ahmad befoto bersama Kepala BPOM Penny Lukito Dan Tim Satgas Covid-19 DPR RI/Ist

RMOLBANTEN Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jalan Percetakan Negara mendapat kunjungan dari Satgas Covid-19 DPR RI, Rabu (24/2) siang.

Dalam inspeksi itu, Satgas ingin memastikan proses pemantauan dan fase pengujian vaksin Covid-19 sudah dijalankan dengan benar sehingga siap diedarkan.

Dalam inspeksinya kali ini, BPOM memberikan penjelasan dan menunjukkan proses yang telah dijalani dengan baik.

"Kami datang untuk mengetahui dan menyerap informasi proses-proses yang dilakukan di BPOM terhadap vaksin-vaksin yang pada saat ini sedang dilakukan uji coba untuk diedarkan pada masyarakat," terang Ketua Satgas Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

"DPR memberikan apresiasi kepada BPOM yang memang selama ini telah melakukan pengawalan kerja keras dan sungguh-sungguh," sambung Dasco.

BPOM sendiri saat ini kata Dasco, sedang proses pemantauan dan uji di BPOM antara lain Coronavac, Vaksin Covid-19 Biofarma, Vaksin Merah Putrih, dan Astazaneca.

Fase pemeriksaan sendiri kata Dasco sudah mencapai tahap akhir.

"Ada beberapa yang sudah fase pengujian sudah memasuki tahap akhir, sebagian juga sudah ada yang selesai dan sudah bisa diedarkan di masyarakat dalam waktu dekat," ujarnnya.

Legislator Dapil Tangerang Raya juga menyebut vaksin Nusantara yang digagas anak negeri, Sufmi Dasco masih dalam tahap pemeriksaan awal dan belum melangkah terlalu jauh.

"Vaksin nusantara masih dalam tahap pemeriksaan dan akan dilakukan kajian-kajian lebih lanjut oleh BPOM, sebelum melalui fase berikutnya," terangnya.

Sementata untuk vaksin Merah Putih yang dikembangkan UI, Dasco menyebut sudah masuk perkembangan yang bagus dan diharapkan November itu sudah bisa mengisi kesinambungan proses vaksin yang ada di Indonesia.

Kepala BPOM Penny Lukito menyatakan dirinya sudah melaporkan kepada tim Satgas Covid-19 DPR RI yang sedang masuk tahap uji klinis.

Penny memastikan ada tiga vaksin yang penggunaannya sudah mendapatkan izin. Vaksin itu ialah Coronvac, Vaksin Covid-19 biofarma dan Astazaneca.

"Ada beberapa vaksin lagi dalam waktu dekat, termasuk vaksin mandiri. Yang belum, kami akan siapkan data dari pengembangnya dan pendalaman," tuturnya.

Vaksin Nusantara kata Penny memang masih belum melangkah terlalu jauh karena masih dalam tahapan awal untuk pengujian di BPOM.

"Kamk masih akan didiskusikan dengan tim peneliti, nanti akan ada waktunya akan kami sampaikan kepada masyarakat perkembangannya," demikian Penny. [dzk]












Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds