Dasco Minta Kemensos Kaji Ulang Penghapusan Santunan Dana Korban Covid-19

Politik  KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 03:09:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Dasco Minta Kemensos Kaji Ulang Penghapusan Santunan Dana Korban Covid-19

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dengan Kepala BPOM Penny Lukito usai inpeksi proses pemantauan dan fase pengujian vaksin Covid-19 oleh BPOM/Ist

RMOLBANTEN Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) yang menghapus santunan kepada korban meninggal dunia akibat Covid-19 disorot Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Ketua Harian DPP Gerindra ini berharap kebijakan tersebut dapat dikaji ulang.

Menurut Dasco, santunan kepada korban yang meninggal karena Covid-19 tidak memberikan pengaruh banyak kepada keuangan negara. Untuk itu, tak perlu dihentikan pemberian santunan kepada koban.

"Saya rasa perbandingan antara yang sembuh dan yang meninggal itu lebih banyak yang sembuh daripada yang meninggal. Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, saya pikir mungkin santunan untuk yang meninggal tidak akan berpengaruh banyak terhadap efisiensi keuangan,” terang Dasco, Rabu (24/2).

Legislator Dapil Tangerang Raya ini memberika solusi dengan memandang efisiensi keuangan bisa saja mengambil pos-pos lain tanpa harus menghilangkan dana santunan ini.

Dalam persoalan ini, Dasco melihat ahli waris yang mungkin saja sangat membutuhkan santunan tersebut.

"keluarga atau ahli waris kan mungkin membutuhkan. Untuk itu, penghapusan santunan kepada korban meninggal dunia akibat Covid-19 haruslah dikaji terlebih dahulu," ujar Dasco.

Sebeumnya, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial Sunarti mengatakan tidak ada alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 bagi ahli waris, di tahun anggaran 2021.

"Terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh dinas sosial provinsi/kabupaten/kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti," kata Sunarto dalam surat edaran tertanggal 18 Februari 2021. [dzk]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds