Revitalisasi Pasar Ciputat Tahap Dua Dimulai April Tahun Ini

Kota Tangerang Selatan  KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 19:28:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Revitalisasi Pasar Ciputat Tahap Dua Dimulai April Tahun Ini

Ekspose revitalisasi Pasar Ciputat, Tangsel/ARS

RMOLBANTEN Pemkot Tangsel memastikan revitalisasi Pasar Ciputat akan selesai tahun ini.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel Ade Suprizal, Kamis (25/2).

Ade menjelaskan dalam revitalisasi ini, Pemkot menggunakan struktur ramp. Dalam struktur ini pembangunan dilakukan dengan pertimbangan 3 rangkai. Yang pertama adalah mempertimbangkan penggunaan masyarakat difabel.

"Kami membuatnya sehingg ramah difabel, supaya seluruh masyarakat bisa terfasilitasi dan bisa melakukan akses sosial yang dibutuhkan," ujar Ade.

Kemudian, untuk yang kedua adalah, struktur yang menggunakan beton. Dengan begitu bangunan akan lebih kokoh dan bisa digunakan sebagai tepat transaksi ekonomi. Baik masyarakat atau pohak pedagang yang sangat mengandalkan pasar Ciputat ini.

Kemudian pembangunan gedung dibagi menjadi dua tingkat. Di mana lantai satu digunakan oleh pedagang sayuran dan daging atau ikan. Kemudian di lantai dua merupaka kios-kios yang bisa dimanfaatkan oleh pedagang bahan kering atau yang lainnya.

"Keseluruhan kios dan los mencapai 1.400, " ujarnya.

Sementara, kata Ade menambahkan bangunan Pasar Ciputat ini nantinya akan dibuat dua gedung. Kemudian, di 2020 lalu gedung B sudah selesai dibangun sementara saat ini Pemkot sedang memulai bangunan Gedung A dengan struktur yang serupa.

Sementara itu, Kepala Bidang Bangunan Non Perkantoran pada Dinas Bangunan dan Penataan Ruang Kota Tangsel, Ferdaus menerangkan untuk tahap 1 sudah 100 persen selesai. Untuk revitalisasi tahap kedua pihaknya akan melanjutkan di 2021 ini pada April nanti.

"Kalau proses lelang atau pengadaan lancar kita mungkin akan tanda tangan kontrak di bulan April karena proses lelang kurang lebih 40 hari. Pagu Anggarannya Rp 13,7 miliar," ungkapnya.

Nantinya tahap kedua kurang lebih masa pelaksanaan pekerjaan atau konstruksinya selama 6 bulan. Dengan demikian maka jika lelang lancar pada April dan sudah tandatangan kontrak pembangunan tahal dua maksimal akam selesai di bulan Oktober atau awal November mendatang.

"Kalau keseluruhan untuk dua gedung A dan B ada 500 los. Sementara jumlah kios dan los untuk keseluruhan gedung A dan gedung B kurang lebih ada 1.420," paparnya.

Dia memastikan, seluruh perencanaan pembangunan revitalisasi pasar itu sudah menyesuaikan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Adapun peraturan yang digunakan adalah Undang-Undang Republik Indonesai Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi. Seluruh pekerja lapangan, sudah dilindungi oleh pemerintah terkait dengan tunjangan pekerjaan dan juga asuransi.

"Kami sudah memastikan kalau mereka sudah terlindungi," ujar Ferdaus.

Dia menambahkan, revitalisasi ini merupakan salah satu RPJMD Kepemimpinan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Sehingga ditargetkan tahun ini sudah bisa beroperasi, seluruh kios sudah diisi. Dengan bangunan yang baru dan fasilitas yang juga memadai.

"Sekarang para pedagang belum pindah karena masih dalam proses pembangunan untuk 3 lantai. Kita enggak menyarankan sebelum selesai ada yang pindah ke pasar Ciputat. Karena istilahnya untuk kegiatan aktivitas jual beli tidak bisa dipadukan dengan, disamakan, dibarengkan dengan kegiatan konstruksi karena kita mengacu pada undang-undang keselamatan kerja," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds