Presiden Joko Widodo: Transformasi Digital Solusi Untuk Indonesia Menuju Masa Depan

Nusantara  SABTU, 27 FEBRUARI 2021 , 00:34:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Presiden Joko Widodo: Transformasi Digital Solusi Untuk Indonesia Menuju Masa Depan

Presiden Joko Widodo/Repro

RMOLBANTEN Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan konektivitas digital adalah satu aspek yang juga menjadi konsen pemerintahanannya.

Program Konektivitas Digital 2021 yang diluncuran, untuk meningkatkan potensi sumber daya dalam negeri dalam hal digital.

"Transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Namun, juga sangat penting untuk tetap menciptakan kedaulatan dan kemandirian digital," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (26/2).

Jokowi menerangkan, pembangunan konektivitas digital harus berbarengan dengan penyiapan talenta digital, dalam rangka mewujudkan transformasi digital yang telah diupayakan pemerintah melalui berbagai program.

Program yang disiapkan pemerintah antara lain, penyediaan kapasitas satelit multifungsi milik pemerintah (Satria), pembangunan menara-menara telekomunikasi hingga ke wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal, serta program beasiswa talenta digital dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Dalam implementasi transformasi digital, Jokowi memandang penting soal kedaulatan dan kemandirian digital. Sebab menurutnya, hal itu merupakan prinsip penting transformasi digital Indonesia.

Satu bentuk transformasi tersebut, disebutkan Jokowi, haruslah mendorong penerapan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), meningkatkan pemakaian produk-produk dalam negeri, serta mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

"Saya berharap agar program Konektivitas Digital 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi, pola pikir, kesempatan bisnis global, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia Maju," demikian Joko Widodo dilansir dari Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]



Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds