Ribuan Pedagang Di Kota Tangerang Divaksinasi

Kesehatan  SENIN, 01 MARET 2021 , 18:10:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Ribuan Pedagang Di Kota Tangerang Divaksinasi

Vaksinasi pedagang di Kota Tangerang/AUL

RMOLBANTEN. Sebanyak 3.200 pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjalani vaksinasi di Ballroom Novotel, Tangcity Mall, Kota Tangerang, Senin (1/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, ribuan terdiri dari 700 pedagang pasar anyar, 700 pasar pasar malabar dan 1.800 pegawai di pusat perbelanjaan Tangerang City Mall dan tenant (kios).

"Jadi ini merupakan vaksinasi pertama untuk para pedagang pasar," ujar Liza.

Nantinya, vaksinasi ini akan dilakukan ke seluruh pedagang pasar lainnya seperti Pasar Lama yang juga memiliki tingkat mobilitas orang yang cukup tinggi.

"Mengingat, orang-orang itu memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam berinteraksi dengan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Direktur Tangcity Norman Eka Saputra mengatakan, dengan adanya vaksinasi terhadap pelaku usaha di pusat perbelanjaan, bisa menumbuhkan rasa tenang bagi para pedagang dan pengunjung.

"Vaksinasi ini sangat penting bagi kita, karena dalam sehari saja, pengunjung di Tangerang City bisa mencapai 45 ribu. Makanya, ketika dapat kuota vaksin, tentu kita sangat antusias, meskipun memang kurang," ujarnya.

Dalam proses vaksinasi bagi pelaku usaha ini berbeda dari yang lain, dimana dalam tahapannya, Pemerintah Kota Tangerang pun menerapkan sistem pra-screening, sebelum nantinya masuk ke meja satu atau tahapan selanjutnya.

Dimana, dalam pra-screening ini, penerima vaksin akan diperiksa kesehatannya, untuk memastikan kelaikan menerima vaksin sinovac produksi PT Biofarma atau tidak.

Saat vaksinasi, terdapat pedagang yang panik saat akan divaksinasi lantaran takut jarum suntik. Para petugas pun berusaha untuk menenangkan pedagang tersebut.

"Betul tadi yang bersangkutan ketakutan, sempat ditenangi lebih dulu, dikasih arahan kurang lebih 10 menit, sampai akhirnya, yang bersangkutan bisa kita suntik dan langsung diarahkan ke observasi," kata petugas medis, Lina.

Hingga saat ini, proses vaksinasi pedagang tersebut pun masih berlangsung. Ditargetkan vaksinasi pedagang tahap pertama tersebut selesai hari ini. [ars]


Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds