Wacana Sekolah Tatap Muka Mulai Juli, Ini Kata Kepala Dindikbud Banten

Pendidikan  JUM'AT, 12 MARET 2021 , 20:30:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Wacana Sekolah Tatap Muka Mulai Juli, Ini Kata Kepala Dindikbud Banten

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani/LAN

RMOLBANTEN Wacana yang beredar luas, jika sekolah tatap muka akan berlangsung pada bulan Juni atau pun Juli.

Namun, masih banyak sebagian kepala daerah menolak dan justru berharap jangan memaksakan pembelajaran tatap muka berlangsung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani menjelaskan, jika pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan jika kasus ovid-19 di wilayah benar-benar hilang.

"Kesehatan masyarakat jauh lebih penting, buat apa kita buka pembelajaran tatap muka kalau pada akhirnya kasusnya tinggi. Kemudian ada klaster baru, kan bahaya. Lebih baik nanti lihat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kalau memang kasusnya mulai hilang kemudian mulai melandai, ya kita buka secara bertahap," ujar Tabrani kepada Kantor Berita RMOL Banten, Jumat (12/3).

"Pokoknya prinsipnya, (sekolah tatap muka) dibuka bila kita tidak lagi khawatir terhadap timbulnya kasus baru," tambahnya.

Diketahui, sudah setahun lamanya sekolah mengadakan sistem pembelajaran dengan jarak jauh atau dalam jaringan (daring).

Lanjut Tabrani, jika memang nantinya kasus covid-19 sudah hilang dan tidak ada lagi kasus covid-19 terbaru, maka sistem pembelajaran akan dilakukan secara bertahap.

"Enggak mungkin sekaligus, kita uji coba separuh masuk, separuh daring, SDM kita bisa lakukan itu, enggak ada masalah. Bila itu (covid-19) sudah aman, yaudah kita masukin (siswa) semuanya," ungkap Tabrani.

Bahkan, bila masih ada orangtua yang takut dan tidak mengizinkan anaknya untuk mengikuti sekolah tatap muka, Dindikbud tidak mempermasalahkannya.

"Sebab salah satu syarat nanti masuk (tatap muka) selain sekolah menyiapkan protokol kesehatan adalah meminta persetujuan orang tua. Orangtua meskipun sekolah sudah memberlakukan masuk sekolah, orangtua berhak menolak kalau memang dia tidak meyakini anaknya tidak tertular," tutupnya. [ars]


Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds