Enam Wilayah Banten Kembali Masuk Zona Oranye Covid-19, Begini Kata Dinkes

Kota Serang  RABU, 24 MARET 2021 , 16:17:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Enam Wilayah Banten Kembali Masuk Zona Oranye Covid-19, Begini Kata Dinkes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti/JEN

RMOLBANTEN. Zona risiko penyebaran Covid-19 di wilayah Banten kembali meningkat.

Kini terdapat enam Kabupaten/Kota kembali ke zona oranye Covid-19, yakni Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang, Kota Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, sementara Kota Cilegon dan Kabupaten Tangerang masih tertahan di zona kuning Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, untuk perubahan zonasi risiko Covid-19 di wilayah Provinsi Banten terjadi secara fluktuatif.

Bahkan, hampir seluruh daerah sempat masuk di zona kuning. Namun, kini kembali lagi ke zona tingkat risiko penularan sedang.

"Kemarin kita sudah sempat hampir seluruhnya kuning semua, sebelumnya juga kita oranye udah berkurang. Tetapi hari ini kembali zona oranye," ujar Ati kepada awak media di Gedung Plaza Aspirasi, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (24/3).

Ati beralasan, perubahan zonasi risiko Covid-19 akibat terlalu lama penerapan kebijakan berdiam diri dirumah, sehingga kecenderungan untuk memobilisasi aktivitas masyarakat cukup tinggi.

"Kegiatan aktivitas memang sulit sekali, ketika para satgas baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten dan Kota bagaimana meredam rasa kebosanan masyarakat untuk tetap berdiam diri dirumah serta tetap selalu menjaga protkol kesehatan. Namun, kita harus bisa kerjakeras kembali," ungkap Ati.

Atas kondisi itu, Ati mengakui, dirinya telah melaporkan kasus Covid-19 kepada  Gubernur, Kapolda Banten agar segera memanggil seluruh Kapolres yang ada di masing-masing daerah untuk kembali bekerjakeras terutama memperketat PPKM Mikro di Provinsi Banten.

Yang jelas, kata Ati, ketika pengawasan PPKM Mikro diperketat dipastikan penanganan serta pengendalian covid-19 berjalan efektif bahkan kemungkinan masuk ke zona kuning hingga zona hijau covid-19.

"Kan awal PPKM Mikro satu bulan pertama PPKM itu adanya di Tanggerang raya tapi kemudian karena melihat kondisi Tanggerang Raya begitu efektif, maka diperluas PPKM di lima Kabupaten Kota lainnya," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds