Muncul 'Long Covid' Paska Sembuh, Begini Penjelasan Kadinkes Banten

Kesehatan  JUM'AT, 26 MARET 2021 , 01:11:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Muncul 'Long Covid' Paska Sembuh, Begini Penjelasan Kadinkes Banten

Ilustrasi Long Covid-19/Net

RMOLBANTEN Baru-baru ini muncul istilah lain yang dialami pasien Covid-19 usai dinyatakan sembuh namun berpotensi terpapar kembali, istilah itu 'long covid' sebuah gejala kesehatan berkepanjangan yang dialami mantan penderita pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti menjelaskan, mayoritas pasien Covid-19 biasanya akan sembuh total setelah melalui penanganan medis, namun tidak sedikit juga setelah sembuh malah menunjukan gejala mirip penderita dengan Covid-19.

"Long Covid-19 ini sebenarnya sudah sembuh, tapi gejalanya tetap ada. Jadi, mereka yang pernah terpapar lalu mengalami gejala-gejala seperti Covid-19," terang Ati di Kota Serang, Kamis (25/3).

Atas kondisi itu, Ati menyarankan setiap orang yang mengalami gejala long Covid-19 untuk mempercepat pemeriksaan secara medis.

"Sebaiknya mereka segera melakukan pemeriksaan, sekarang ini bukan hanya tes PCR yang diakui sebagai diagnostik, tapi Swab Antigen juga sebagai diagnoatik," tegasnya.

Kata Ati, alumni atau penyintas Covid-19 wajib mengedepankan tindakan steril, tidak ceroboh mengingat kemungkinan terpapar Covid-19 kembali masih ada.

"Mereka harus menjaga daya tahan tubuh. Dan berprilaku yang sehat serta bersih," ujar Ati.

Sebagai informasi, berdasarkan data Dinkes Banten, 5 sampai 20 persen pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, dapat dapat dinyatakan gejala atau gangguan kesehatan long Covid-19 dengan rata-rata gejala lebih dari empat minggu, dan diperkirakan satu dari sepuluh pasien dapat mengalami gangguan penyakit lebih dari 12 minggu.

Ati memastikan penderita long Covid-19 ini aman dan tidak menularkan virus disekitarnya.

"Penderita long Covid-19 ini tidak akan menularkan penyakit kepada masyarakat pasca dinyatakan sembuh oleh tim medis, meski memiliki gejala mirip dengan pasien Covid-19," katanya.

Ati mengimbau seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, sebab virus corona bisa dimana-mana dan dapat menularkan kepada siapapun.

"Jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan agar terhindar sari wabah covid-19," tandasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds