Launching E-Perda Di Banten, Dirjen Otda Perbolehkan Copy Paste Penyusunan Perda

Banten  RABU, 31 MARET 2021 , 00:38:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Launching E-Perda Di Banten, Dirjen Otda Perbolehkan <i>Copy Paste</i> Penyusunan Perda

Guberur Banten, Wahidin Halim dan Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik usai launching aplikasi E-Perda/JEN

RMOLBANTEN Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri secara resmi menalunching Apliaksi E-Perda Kabupaten dan Kota se-Banten di Aula Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (30/3).

Dirjen Otda, Akmal Malik mengungkapkan, Aplikasi E-Perda diluncurkan sesuai amanat UU Nomor 14 Rahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang mengamantkan perlu adanya bentuk keterbukaan informasi publik kepada masyarakat secara efektif dan efisien, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi partisipasi masyarajat serta mendorong terciptanya clean dan good governance.

E-Perda diurai Akmal, merupakan instrumen yang digunakan agar publik mengetahui proses penyusunan Perda hingga bisa berjalan lebih efektif, cepat dan akuntable dan memberikan ruang kepada seluruh elmen untuk melihat isi dari regulasi yang dibuat Perda baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

"Jadi, disini masyarakat diberikan ruang melakukan rievew konten dalam proses penyusunan Perda sendiri, aplikasi ini kita siapkan. Dan diikuti oleh kepala biro hukum Provinsi  dan Kabag Hukum Kabupaten dan Kota se-Indonesia," terang Akmal sesuai menghadiri launching E-Perda.

Akmal menyebut, Provinsi Banten sebagai pilot project pertama kali yang mengaplikasikan E-Perda untuk memfasilitasi Perda Kabupaten dan Kota serta Peraturan Bupati serta Walikota.

Disinggung soal bredar copy paste dalam penyusunan Perda, Akmal membenarkan kerap terjadi copy paste dalam proses pembuatan Perda di berbagai daerah,

Namun demikian, Akmal enggan membeberkan daerah mana saja yang sering melakukan copy paste. Jadi tidak ada larangan copy paste yang penting kontenya sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

"Boleh saja copy paste yang penting bermanfaat bagi daerah yang mempastenya. Tetapi tentunya konten Perda disesuaikan dengan kondisi sosial yang akan mengambil daerah Perda itu," katanya.

Senada, Gubernur Banten, Wahidin Halim menambahkan hadirnya E-Perda akan memudahkan akses masyarakat untuk mengawasi dan daapt dinikmati secara praktis.

"Masyarakat mengetahui E-Perda kita. Nah ini kan dinikmati oleh seluruh masyarakat Banten," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
1000 Pohon Mangrove

1000 Pohon Mangrove

SENIN, 30 AGUSTUS 2021 , 09:31:00

Spanduk Anies Baswedan Fot Presiden 2024

Spanduk Anies Baswedan Fot Presiden 2024

SELASA, 31 AGUSTUS 2021 , 06:28:00

Jokowi Vaksinasi <i>Door To Door</i>

Jokowi Vaksinasi Door To Door

SELASA, 31 AGUSTUS 2021 , 11:44:00

The ads will close in 10 Seconds