Duta Toiliet: Kawasan Wisata Banten Toiletnya Banyak Yang Kurang Layak

Pariwisata & Budaya  SENIN, 05 APRIL 2021 , 20:29:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Duta Toiliet: Kawasan Wisata Banten Toiletnya Banyak Yang Kurang Layak

Duta Satgas Toilet Indonesia (STI) Lady Marsella usai menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumy/JEN

RMOLBANTEN Kebersihan toilet dan sanitasi di kawasan wisata Banten dinilai kurang layak.

Demikian disampaikan Artis sekaligus Duta Satgas Toilet Indonesia (STI) Lady Marsella dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur Banten di KP3B, Kota Serang, Senin (5/4).

Untuk itu, perempuan yang bergerak di bidang usaha manajemen artis itu mencanangkan program toilet bersih.

Hal tersebut didasari hasil temuan di sejumlah toilet wisata di Banten belum menerapkan sanitiasi air bersih. Jadi, perlu gerakan sadar akan toilet bersih serta nyaman di destinasi wisata untuk memanjakan para wisatawan.

"Intinya gerakan ini gerakan sadar toilet bersih di Indonesia. Makanya, di Banten ini belum ada, karena saya lihat titik -titiknya tuh kurang layak. Dan saya khawatir pengunjung banyak apalagi covid-19 menyangkut dengan toilet," katanya.

Lady merinci toilet wisata yang masih belum layak antara lain ada di daerah Pandeglang, terdapat di tempat wisata religi pemakaman Syekh Asnawi Caringin.

"Itu ada di tempat Wisata religi Pemakaman Syekh Asnawi Caringin, perlu ada kelayakan toilet beresih," ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Deputi Satgas Toilet Indonesia Perwakilan Banten, Pujiyanto menambahkan, penunjukan duta STI dalam rangka membenahi toilet di Kawasan destinask parasiwata di Indonesia termasuk Banten.

Sebab itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Serang ini komitmen serta memiliki semangat tinggi untuk membenahi toilet di tempat parawisata di Banten.

"Keberesihan toilet parawisata sangat diperlukan agar para wisatawan bisa terbebas dari penyakit menular seperti diare maupun Covid-19. Dan geliat ekonomi di tempat parasiwata bisa kembali tumbuh," ungkap Pujiyanto.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, pihaknya komitmen akan membangun kolaborasi bersama STI guna memberikan kesadaran akan keberesihan toilet Parawisata sehingga wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman.

"Kita menusport program yang dilaksanakan STI khusunya dalam kaitan memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang keberesihan toilet," pungkasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds