Sekolah Tatap Muka, 10 Ribu Guru Di Kota Tangerang Sudah Divaksin Covid-19

Pendidikan  RABU, 07 APRIL 2021 , 16:32:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Sekolah Tatap Muka, 10 Ribu Guru Di Kota Tangerang Sudah Divaksin Covid-19

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah/AUL

RMOLBANTEN. Sebanyak 10.000 guru di Kota Tangerang sudah divaksinasi Covid-19 oleh Pemerintah Kota Tangerang. Jumlah tersebut merupakan 50 persen dari total jumlah guru Paud, SD, sampai SMP.

Berdasarkan data yang dihimpun, total keseluruhan tenaga pengajar di Kota Tangerang berjumlah sekira 21 ribu.

"Guru SD negeri 4.000, kalau SD dan SMPP swasta sampai 5.000 jadi kurang lebih 9-10 ribu. Paud jumlahnya sama, jadi kurang lebih 21 ribu," ujar Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Rabu (7/4).

Arief mengatakan, vaksinasi untuk Tenaga pengajar tersebut akan terus digencarkan sebelum sekolah tatap muka dilaksanakan.

"Setengahnya baru divaksin, sekitar 10 ribu," sambungnya.

Pasalnya, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang untuk tancap gas merampungkan vaksinasi kepada tenaga pengajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, vaksinasi tersebut dilakukan guna mempercepat persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan diselenggarakan sekira tiga bulan lagi.

"Kita tunggu sampai nanti posisi sebelum bulan Juni ada vaksin lagi, jadi mudah-mudahan pada posisi bulan Juli ini sudah divaksin semua. Di bulan Juli ke bawah kita minta arahan ke pimpinan seperti apa," terang Jamaluddin.

Seperti diketahui, seluruh siswa di Kota Tangerang pun masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias sekolah daring.

Padahal, mulai hari ini, sebagian sekolah di DKI Jakarta sudah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) hari pertama dengan protokol kesehatan.

Menurut Jamaluddin, pihaknya tetap akan melaksanakan sekokah tatap muka untuk tingkat SD dan SMP pada bulan Juli 2021.

Sebab, untuk tingkat SMA adalah kewenangan Pemerintah Provinsi Banten.

"Sesuai dengan arahan pak Menteri Pendidikan yaitu bisa dilaksanakan (sekolah tatap muka) bulan Juli," kata Jamaluddin kepada TribunJakarta.com.

"Sesuai juga nanti minta izin dari Wali Kota Tangerang, orangtua murid, dan semua komponen untuk kita minta persetujuan," sambungnya.

Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya belum menentukan syarat sekolah-sekolah yang sudah bisa sekolah tatap muka Juli nanti.

Pasalnya, Dinas Pendidikan akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang soal zona penyebaran Covid-19.

Sebab, sekolah tatap muka mustahil dibuka bila dikecamatan atau kelurahan tersebut nyatanya masih zona merah Covid-19.

"Yang penting semua komponen, Menteri ke Pemerintah daerah, Wali Kota mengizinkan, orang tua izinkan, semua siap, Insha Allah kita laksanakan," tutup Jamaludin. [ars]


Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds