Jelang Puasa, Tempat Wisata Di Pandeglang Dipenuhi Wisatawan

Pariwisata & Budaya  MINGGU, 11 APRIL 2021 , 19:36:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Jelang Puasa, Tempat Wisata Di Pandeglang Dipenuhi Wisatawan

Wisatawan berlibur di Pantai Carita, Pandeglang/MUL

RMOLBANTEN. Menjelang bulan suci ramadan 2021, kunjungan wisatawan di beberapa lokasi Wisata di Kabupaten Pandeglang mengalami kenaikan yang cukup signifikan, khususnya pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Bala Wisata Tirta (Balawista) Pandeglang, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pandeglang meningkat sampai 100 persen, dari tiga bulan sebelumnya saat dihantam pandemi Corona Virus Desasae New 2019 (Covid19). Peningkatan kunjungan wisatawan ini terjadi sejak tiga pekan menjelang datangnya bulan suci ramadhan 2021.

"Alhamdulillah munggahan (Jelang Ramadhan-red) sejumlah lokasi wisata alam pantai dari Carita sampai dengan tanjung lesung ramai pengunjung, khusunya pada akhir pekan. Kalau dirata-rata 5.000 sampai 7.000 orang pengunjung yang berwisata di Kabupaten Pandeglang," ungkapnya saat dihubungi wartawan, pada minggu (11/4).

Ade menjelaskan, data peningkatan kunjungan wisatawan itu merupakan data yang dihimpunnya dari para anggota Balawista yang bertugas di sejumlah lokasi wisata pantai di Kabupaten Pandeglang.

"Data kunjungan itu, merupakan data kunjungan wisatawan ke lokasi pantai terbuka. Untuk wisata kolam renang atau waterpark belum terdata dan kami memperkirakan terjadi peningkatan kunjungan," bebernya.

Ade menjelaskan, meski dihantam cuaca yang tidak baik, ternyata tidak menyurutkan para pengunjung untuk menjalankan tradisi munggahan yakni untuk merayakan datangnya bulan suci ramadhan dan wisatawan lokal masih mendominasi.

Balawista telah menerjunkan 60 relawan untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan saat menikmati keindahan pantai di Kabupaten Pandeglang.

"Untuk cuaca sebetulnya kurang baik.Tapi tetap ramai pada munggahan ini, dan untuk wisatawan masih didominasi wisatawan lokal Banten," terangnya.

Sementara Itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pandeglang, Widiasmanto mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Pandeglang juga berdampak pada peningkatan hunian hotel di Kabupaten Pandeglang.

"Alhamdulillah akhir pekan ini, kondisi hotel-hotel dan homestay di kawasan Tanjung Lesung dan sekitarnya penuh. Kebetulan ada kegiatan tropical sprint Rally di Badak Sirkuit Tanjung Lesung," ungkapnya saat dihubungi wartawan.

Di masa Pandemi ini, Pria yang akrab disapa Widi menjelaskan, hotel, restoran dan destinasi wisata di Pandeglang telah menerapkan protokol kesehatan guna menghindari terjadinya penularan Covid-19.

"Hotel dan objek wisata terbuka semuanya sudah menerapkan protokol kesehatan. Karena selain sarana prasarana, para pelaku usaha wisata juga sudah menjalani vaksinasi," imbuhnya. [ars]

Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds