China Makin Agresif Terhadap Taiwan Bikin Menlu AS Waswas

Internasional  SENIN, 12 APRIL 2021 , 01:42:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

China Makin Agresif Terhadap Taiwan Bikin Menlu AS Waswas

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken,/Reuters

RMOLBANTEN Tindakan agresif China terhadap Taiwan beberapa waktu belakangan membuat khawatir Amerika Serikat.

Melalui Menteri Luar Negeri Antony Blinken, pihaknya prihatin tentang tindakan agresif China terhadap Taiwan beberapa waktu belakangan ini.

Blinken memperingatkan bahwa hal itu akan menjadi kesalahan serius bagi siapa pun yang mencoba mengubah status quo di Pasifik Barat dengan paksa.

"Apa yang telah kami lihat, dan apa yang menjadi perhatian nyata kami, adalah tindakan yang semakin agresif oleh pemerintah di Beijing yang diarahkan ke Taiwan, meningkatkan ketegangan di Selat," kata Blinken dalam wawancara dengan Meet the Press NBC seperti dikabarkan ulang Channel News Asia.

Apakah Amerika Serikat akan menanggapi secara militer tindakan China di Taiwan, Blinken menolak berkomentar tentang hipotesis.

"Yang bisa saya katakan adalah kami memiliki komitmen serius agar Taiwan dapat mempertahankan diri. Kami memiliki komitmen serius untuk perdamaian dan keamanan di Pasifik Barat," jelasnya.

"Kami mendukung komitmen itu. Dan dalam konteks itu, akan menjadi kesalahan serius bagi siapa pun untuk mencoba mengubah status quo itu dengan paksa," tegasnya.

Taiwan telah mengeluh selama beberapa bulan terakhir tentang misi berulang oleh angkatan udara China di dekat pulau itu, yang diklaim China sebagai miliknya.

Gedung Putih sendiri telah mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa negeri Paman Sam akan terus mencermati peningkatan aktivitas militer China di Selat Taiwan, dan menyebut tindakan Beijing berpotensi membuat situasi tidak stabil. [dzk]



Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds