Ini Menu Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Advertorial  SENIN, 12 APRIL 2021 , 14:40:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Ini Menu Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Ahli Gizi RSUD Tangsel yakni dr. Dian Permatasari, M.Gizi., Sp.GK/LAN

RMOLBANTEN. Menjalani ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan, tentunya banyak tantangan untuk menahan rasa dahaga dan lapar. Terlebih, banyaknya aktivitas yang dikerjakan.

Pola makan saat sahur dan berbuka puasa tentu menjadi kunci agar kondisi tubuh tetap berstamina.

Lantas apa saja yang harus dikonsumsi saat berpuasa, agar tetap berstamina dan tidak lemas?

Dikatakan, ahli gizi dari RSUD Tangsel yakni dr. Dian Permatasari, M.Gizi., Sp.GK saat berpuasa, kebutuhan kalori seseorang tentu berbeda pada saat tidak berpuasa. Untuk itu, cakupan gizi yang seimbang menjadi kunci ketahanan tubuh saat berpuasa.

"Prinsipnya konsumsi makanan saat berpuasa tetap dalam komposisi gizi seimbang setiap konsumsi makanan tetap harus ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral," kata Dian di RSUD Tangsel, Senin (12/4).

Dian mencontohkan, saat sahur dianjurkan bagi orang yang berpuasa untuk mengkonsumsi buah-buah yang tinggi serat agar bisa menahan lapar lebih lama.

"Contoh pada saat sahur ada nasi atau karbohidrat yang lain ada lauk pauk, protein nabati, hewani atau sayur-sayuran dan buah buahan. Waktunya saja yang kita atur, pada saat sahurr makan besar, kemudian menjelang imsak buah-buahan tinggi serat agar bisa merasakan kenyang lebih lama. Sehingga lebih kuat berpuasa. Kemudian air putih harus dipenuhi saat sahur tiga gelas," ungkapnya.

Masih kata Dian, sedangkan untuk berbuka puasa, mayoritas orang akan balas dendam dengan langsung mengkonsumsi makanan berat.

Menurutnya, waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan berat, setelah melaksanakan ibadah salat.

"Saat berbuka puasa memang dianjurkan konsumsi makanan manis untuk menggantikan energi yang hilang pada saat berpuasa seperti teh manis, kue manis tapi jangan berlebihan. Kemudian kurma untuk berbuka puasa, kemudian salat Maghrib kemudian dilanjutkan makan malam. Tidak lupa air putih pada saat berbuka dua sampai tiga gelas dan menjelang tidur dua sampai tiga gelas," papar Dian.

Menjalankan ibadah puasa di masa pandemi, juga diharapkan agar menambah vitamin. Karena, berpuasa di saat pandemi covid-19 dibutuhkan kekebalan dan imun tubuh yang kuat.

"Tambahan disuasana pandemi covid-19 beberapa suplemen vitamin mineral untuk tingkatkan daya tubuh diperlukan seperti vitamin C dan D, vitamin A. Kemudian protein bantu tingkatkan imunitas kita. Oleh karena itu, asupan harus gizi seimbang dan harus terpenuhi saat berpuasa," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds